AWAS!!! BENCANA LINGKUNGAN MENGANCAM! (by Anik Damogalad)

Tahukah SOBAT DJ, bumi kita makin panas. Cuaca sangat tidak bersahabat dan sulit diprediksi. Kita tidak lagi tahu kapan musim penghujan dan musim kemarau dimulai. Para ahli di seantero dunia berlomba-lomba mengadakan penelitian mengapa bumi yang kita pijak ini mulai suka memberontak. Jauh dari sikap ramah.

 

Bentuk-bentuk ketidakramahannya antara lain sering terjadi banjir, pencemaran air di ambang batas normal, apalagi polusi udara yang luar biasa. Sekedar tahu SOBAT, dalam satu tahun, ternyata hanya 55 hari saja kita , sebagai warga Jakarta dapat menghirup udara bersih!!! IRONIS BUKAN?

 

Nah, sebagai generasi muda Jakarta yang cinta lingkungan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain:

 

  1. merawat mesin kendaraan bermotor kita. Perlakukan kendaraan kita seperti merawat diri sendiri. Dengan kondisi mesin yang selalu prima, pembuangan gas serta asap dari motor akan terkontrol
  2. hal ini kelihatan sepele, tapi sangat berarti bagi kelangsungan hidup lingkungan kita. Bagaimana tidak, ternyata kita selama ini terlalu banyak menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak baik, antara lain deterjen, pembersih lantai, serta pestisida . Mulai sekarang kita harus mengurangi pemakaian bahan-bahan tersebut serta menggantinya dengan yang lain. Contoh, jangan lagi SOBAT DJ mengusir nyamuk dengan obat nyamuk tapi mulai hari ini tidurlah dengan kelambu. Beres kan???
  3. menghemat air sekarang juga. Maksudnya, perlakukan air dengan bijaksana dengan cara menggunakannya sehemat mungkin. Bukan apa, kayaknya kok kita kurang puas kalau mandi itu nggak pakai gayung dan jebar-jebur. Yuk, kita ganti mandi dengan menggunakan shower. Karena dengan shower penggunaan air bisa dihemat lima kali lipat dari pada dengan gayung. SO, pembayaran air PAM jadi irit juga kan???
  4. Yang tak kalah penting buat kita adalah meminimalkan sampah yang beredar di lingkungan. Untuk yang satu ini sumbangan kejorokannya paling nomor satu. Bayangin aja, udah bertebaran di mana-mana dan mengasankan tidak rapi, ditambah aroma busuk yang ditimbulkan akan menambah tidak sehat. Untuk itu , SOBAT DJ kita mesti memilah serta memilih sampah yang ada di rumah kita. Lebih bagus lagi kalau kita mampu mendaur ulang sampah itu. Percaya nggak, dari bekas pembungkus deterjen bisa kita sulap menjadi tas yang artistik. Atau dari kertas bekas kita bisa mengubahnya menjadi kartu ucapan yang cantik  Yang penting kerahkan kreativitas kita.
  5. Nah SOBAT DJ, kalau di sekitar rumah kita masih ada tempat yang tersisa, jangan lupa bikinkan sumur resapan. Sumur ini akan berguna untuk menampung air di saat musim hujan tiba. Kalau tidak air akan menggenang dan banjir di mana-mana karena kita tidak pernah menyisakan tempat untuk menampungnya. Saat musim kemarau tiba, sumur ini akan memberikan manfaat bagi kita, airnya bisa kita pakai untuk nyiram tanaman yang kering kerontang.

 

 

Jadi tunggu apalagi SOBAT DJ, mari kita mulai ramah dengan lingkungan agar Jakarta khususnya dan ibu pertiwi umumnya tidak lagi setiap tahun menangis karena banjir. Juga yang tidak kalah penting  isu pemanasan global tak lagi terdengar dahsyat. WOW…!!! SEREM.

 

      BY; ANIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s