MAU HIDUP SEHAT DI TAHUN 2008?

Tahun 2007 sudah kita tinggalkan, tahun 2008 kita jelang dengan segala semangat baru. Para Sobat pasti  ingin di tahun baru ini semuanya berubah. Paling nggak mesti lebih bagus dibanding dengan tahun yang lalu.

 

Soal kesehatan pun demikian. Jangan sampai kita mengulang kesalahan yang sama dalam menjaga kesehatan fisik maupun mental kita. Untuk mencapai hidup sehat di tahun ini ada delapan cara yang bisa Sobat ikuti. Siapa tahu berguna untuk panduan hidup sehari-hari kita sehingga di tahun ini Para Sobat semakin sehat sehingga semua aktivitas kita yang super padat bisa kita laksanakan dengan ringan. Simak aja ya…

 

  1. Jangan cuek

      Maksudnya jika kita bertemen selain nggak boleh pilih-pilih juga nggak boleh cuek. Kalau ada salah satu dari temen kita yang memerlukan bantuan, jangan segen-segen untuk membantunya. Minimal kita tunjukkan rasa simpati kita padanya. Jika tidak bisa ngebantu secara materi, kita bisa mencoba menjadi pendengar yang baik. Siapa tahu dengan menjadi pendengar yang baik, semua keluh kesah dan beban hatinya berkurang. Itu pertanda para Sobat peduli dengan sesama sahabat.                                                        

 

  1. Berolah raga teratur

 

Emang namanya olah raga kita males banget. Jangankan untuk seminggu tiga kali, seminggu sekali aja kita malesnya bukan main.

Benernya olah raga itu bisa dilakukan kapan saja. Bisa pagi atau sore hari. Sobat bisa pilih sesuai dengan waktu senggang yang dipunyai. Nggak ada patokan yang baku soal waktunya.

Lari pagi di sekolah setiap hari Sabtu keliling Arion itu pun udah cukup. Paling nggak badan kita sudah kita gerakkan. Coba deh, pasti lebih fresh.

  

  1. Hentikan makanan cepat saji

 

Makanan yang satu ini emang enak banget. Terlebih lagi gengsinya itu bo… Tapi kalau makannya tiap hari atau terlalu sering wah, itu yang harus dihindari. Makanan jenis ini jelas-jelas jauh dari sehat. Bahkan bisa jadi pemicu penyakit degeneratif, misalnya hipertensi, jantung, stroke, sampai kanker.

 

  1. Mengonsumsi sayuran

Sayuran adalah sumber vitamin yang paling alami. Mengonsumsi sayuran sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh kita. Dibanding dengan aneka suplemen atau makanan tambahan seperti yang Sobat minum, sayuran lebih oke. Tanpa efek samping deh pokoknya.

Lebih disarankan jika kita mengonsumsi sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, labu, atau sayuran berwarna lain, misalnya wortel. Sobat tinggal variasiin sendiri baik jenis sayurannya maupun masakannya.

 

  1. Konsumsi vitamin C 

 

Sebenarnya kalau Sobat rajin and rutin makan sayur-sayuran dan buah-buahan, minum vitamin udah nggak diperluin lagi karena udah tercukupi. But, nggak ada salahnya kalau kita selingi dengan minum vitamin C sebagai suplemen tambahan. Tentu saja dengan dosis yang tepat alias tidak berlebihan. Ya…buat jaga-jaga aja. Biar gimana pun tubuh kita mesti fit karena aktivitas belajar kita sangat padat.

 

  1. Selalu mencuci tangan

 

Hal satu ini yang mungkin sering Sobat lupakan bahwa cuci tangan itu sangat penting. Yakinlah bahwa tangan kita itu kotor sehingga perlu dibersihkan. Setiap selesai melakukan aktivitas apa pun jangan lupa selalu mencuci tangan dengan sabun. Terutama sehabis dari toilet atau BAB (Buang Air Besar). Kenapa harus cuci tangan? Karena bakteri itu sangat mudah masuk lewat tangan kita.

 

  1. Tidak berlebihan minum obat

 

Apa saja yang kita lakukan dan kita makan kalau berlebihan itu sudah pasti nggak bagus. Apalagi obat-obatan. Untuk itu mengonsumsi obat pun kudu pakai aturan. Nggak bisa sembarangan. Harus bijaksana juga. Salah-salah bukan lari penyakitnya malah dapet penyakit baru. Sobat perlu tahu juga, kalau banyak mengonsumsi obat-obatan dengan sembarangan ginjal bisa rusak.

Kalau hanya masuk angin biasa atau pusing-pusing dikit aja nggak perlu minum obat apalagi ke dokter. Cukup dengan minum teh manis panas, istirahat yang cukup, dan jangan stres. Simpel kan?

 

  1. Tidur yang cukup

 

Yang ini jangan dilewatkan. Karena dalam tidur itu, seluruh tubuh dan organ-organnya bisa istirahat total. Kasihan kan, diforsir terus-terusan. Ibarat mesin, anggota tubuh kita juga perlu istirahat. Terutama otak kita. Udah mikir dan diajak belajar seharian kan capek.

Kebutuhan tidur masing-masing orang berbeda. Idealnya sih, 8 jam sehari. Tapi itu tergantung kebutuhan juga. Ada yang sehari hanya tidur 4 jam saja udah cukup. Yang penting bukan kuantitas atau banyaknya jumlah jam melainkan kualitas dari tidur itu sendiri. Kebanyakan tidur nggak bagus, kurang tidur juga nggak boleh. Imbanglah. Apalagi sampai insomnia atau sulit tidur.

 

 

 

 

Berusahalah meraih yang terbaik dalam segala hal terkadang sulit dilakukan. Namun, mereka yang ingin melakukannya,  dan tetap gigih mempertahankannya, akan lebih mendekati impiannya dari pada mereka yang malas dan patah semangat yang hanya mendatangkan kegagalan meraih impiannya dan menjadikannya putus asa. (Lord Chesterfield)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s