NYIAPIN BUAT ULANGAN, GIMANA?

Lebaran sudah usai. Baru aja kita melewati serangkaian kegiatan, mulai dari puasa yang sebulan itu sampai pada hari raya yang kesibukannya tak kalah seru. Karena kita punya segudang kegiatan saat liburan panjang, kita nggak bisa gitu aja lupa tugas utama kita yaitu belajar.

 

Bukan tidak mungkin masa liburan memang masa yang paling males. Sedangkan kita mesti nyiapin serentetan ulangan yang bentar lagi kita lakuin.

 

Strategi apa yang harus kita tempuh agar ulangan kita bisa sukses? Banyak nih……

 

 

Dengerin guru

 

Hal yang sangat wajib kita lakukan adalah, nah….ini nih yang kadang males kita lakuin. Gimana nggak, yang namanya ngedengerin guru jelasin materi pelajaran itu kadang kita ogah banget. Apalagi kalau ngejelasinnya nggak enak. Udah pelajarannya susah, gurunya ngebetein, duh………komplitlah perasaan tersiksa kita. Dah gitu, belajarnya di jam-jam rawan lagi. Siang hari yang harusnya bikin kita gembira en fun jadi bener-bener terasa luamaaaaaaa  sekali berlalunya.

 

Tapi kita ya tetep harus ngedengrin juga, coz penting banget tuh……jangan sampe meleng.

 

Mengulang sesampai di rumah

 

Kalau habis dapet materi pelajaran dari sekolah, hari itu juga kamu mesti mengulanginya. Jangan tunda ntar-ntar. Jika kamu menundanya, kamu akan kelimpungan sendiri karena materi pelajaran akan makin bertumpuk dan membebani kamu. Mengulang pelajaran dapat kamu lakukan kapan saja sesuai waktu belajar kamu karena masing-masing orang punya kebiasaan yang berbeda.

 

Bikin catatan

 

Buat serapi mungkin catatan kamu. Pake model apa aja terserah karena masing-masing orang punya gaya sendiri. Mau diwarna-warni pake stabilo juga gak apa. Jangan lupa juga bikin catatan kecil untuk memudahkan kamu belajar. Apalagi rumus2 yang suka bikin mumet. Penting banget buat dituis. Bila perlu nulisnya gede-gede di meja atau di kamar kamu.

 

Bikin kelompok belajar

 

Kamu mesti punya kelompok belajar yang paten buat ngebahas pelajaran dan soal-soal yang susah. Bergabunglah sama temen-temen yang seide, yang sama-sama pengin maju and yang pada pengin pinter. Dijamin pasti kamu pinter juga.

 

Jangan males

 

Pembunuh semangat nomor satu di dunia hati kita adalah males bin ogah. Jangan cuman disingkirin tapi dibasmi sampe tuntas. Jangan biarkan dia tumbuh sehingga meraja lela ke mana-mana. Caranya, niatkan hati, percaya diri, serta cepat lakukan sesuatu agar dirimu berubah. Tentu saja berubah ke hal yang positif ya……HARUS.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s