TAHUKAH ANDA ADA 5 BAKAT UNTUK MENGAKTUALKAN DIRI

Banyak orang tua beranggapan bahwa putra atau putrinya tidak atau kurang berhasil karena mereka tidak memiliki bakat pada dirinya. Sehingga banyak dari para orang tua yang beranggapan bahwa sukses itu hanya milik orang-orang tertentu yang dimungkikan juga memiliki bakat-bakat tertentu juga. Sebenarnya  tidak demikian.

 

Bakat itu hanya sedikit dari hal-hal lain yang dapat menunjang keberhasilan seseorang. Jadi kepada para orang tua, mulai sekarang kita dapat menyingkirkan prasangka tersebut.

Dan mulai berpikir bahwa ada hal lain yang lebih mendasar bagi seseorang agar  putra-putri kita mampu mengaktualkan potensi bakat yang dimilikinya.

 

BAKAT (talent) 

Bakat atau talent terdapat dalam diri setiap individu. Bakat pemberian TUhan ini sangat beragam serta masing-masing individu tidak sama. Misalnya, bakat berenang, menyanyi, menari, menggambar, dan lain-lain. Bakat ini bias dimunculkan lewat dorongan dari I dividu, lingkungan yang mendukung, termasuk di dalmnya adlah peran orang tua, juga dengan bantuan dari guru di sekolah. Untuk itu dengan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler dapat juga membantu untuk mengungkap jati diri si bakat tersebut.

KEMAUAN UNTUK MAJU (STEEL WILL)

Setelah bakat ditemukan, seharusnya seseorang itu menyadarinya sehingga kemauan untuk maju dapat terus dipupuk. Dan biasanya hal inilah yang paling sulit dilakukan oleh seorang anak. Lagi-lagi peran orang tua sangat diperlukan untuk mewujudkannya. Kepada para orang tua, kita harus rajin dan sabar untuk selalu mengingatkan bahwa anak harus tetap termotivasi. Untuk itu mungkin kita dapat membantunya dengan cara memberinya gambaran  atau wawasan bahwa dengan bakat yang ia miliki itu bias menjadikannya ia berprestasi atau terkenal. Paling tidak suatu saat akan membukakan pintu mata hatinya bahwa ia bias hidup dari bakat yang ia miliki. Misalnya, dengan bakat menyanyinya, ia bisa menjadi penyanyi terkenal. Secara otomatis penghasilannya pun akan meningkat dengan keahlian yang dimilikinya.

 

DEDIKASI (CINTA PEKERJAAN ATAU PROFESI)

Jika bakat sudah ditemukan, sebagai orang tua, kita dapat terus mendorongnya untuk terus mencintai pekerjaannya atau bidang yang ia geluti. Bagaimanapun, segala seuatu yang kita lakukan dengan penuh cinta akan menghasilkan karya yang besar. Kita akan melakukan hal tersebut dengan semangat dan gairah yang terus tertanam dalam diri.

 

PEMBINAAN DAN LATIHAN

Bakat, kemauan, cinta, akan terasa lengkap jika kita menyertakannya dengan latihan dan pembinaan yang efektif dan efisien. Latihan yang terus-menerus serta rutin akan menjadikan bakat seorang anak akan bersinar. Dia akan menghasilkan sebuah karya yang besar dan indah, yang tidak hanya membanggakan dan bermanfaat dirinya, tapi juga orang lain. Kita sebagai orang tua akan bangga juga tentunya.

 

TRAINING DIRI

Berlatih, berlatih, dan terus berlatih adalah kunci dari semua ketangguhan. Dengan memiliki kekuatan dan ketangguhan mental untuk terus berlatih, seorang anak akan memiliki daya tahan untuk mempertahankan prestasi yang diraihnya. Apalagi mempertahankan itu ternyata lebih sulit dari pada meraihnya. Sebagai orang tua kita dituntut untuk selalu mengingatkan, mengingatkan, dan tetap mengingatkan apa yang telah menjadi tugas dan kewajiban anak.

Bagaimana pun peran kita sebagai orang tua sangat diperlukan untuk perkembangan dan ketahanan seorang anak dalam mencapai prestasi yang diinginkan.

 

Bukan mustahil segala sesuatu yang dicita-citakan anak akan terwujud dengan adanya kerja keras mereka, dorongan orang tua, terutama kasih sayang dan perhatian yang kita berikan untuknya. Semoga bermanfaat.

 

 

Iklan

PENTING ATAU NYEBELIN UPACARA SEKOLAH ITU?

Pertanyaan yang sering muncul di hati para Sobat. Bahkan cenderung menyebalkan. Boro-boro ngelakuin, ngedengerinnya aja males. Wah…sebegitunya ya…

 

Emang sih, nggak banyak antara Sobat yang suka dengan upacara. Yang ada malahan ngedumel terus Coba aja kalau hari Senin pagi pas jam upacara. Para Sobat nggak buruan ke lapangan kan? Nunggu disuruh dan diperintah sama guru dulu. Padahal kan upacara itu hanya dilakukan seminggu sekali. Apalagi kita yang ada di SMA Dipo 1, upacara cuman dilakukan sebulan dua kali.Bahkan yang kelas XI malah sebulan sekali.  Nggak terasa berat kok.

 

Sesungguhnya banyak manfaat  yang dapat diambil ketika kita mengikuti upacara. Apa aja?

a.     untuk latihan disiplin

Dengan ngikut upacara Sobat bisa berlatih diri untuk disiplin. Mulai dari cara pakai baju, dasi, sepatu, serta atribut yang lainnya. Nggak mungkin kan, kita ngikut upacara terus lecek bin kucel banget. Malu…tuh…

 

b.     untuk latihan fisik

Jangan dulu berpikiran upacara itu berpanas-panas ria.Justru dengan berpanasan di pagi hari dari jam 7 sampai jam 9 itu bagus untuk kesehatan. Berbeda dengan sinar matahari siang yang bisa membakar kulit. Lagian siang-siang nggak bakalan deh ada upacara. Tega banget ya…

      

c.     menghargai orang lain

Maksudnya menghargai orang adalah menghargai orang berbicara. Biasanya kalau upacara pasti  kan ada pidato dari Pembina upacara, biasanya Kepala Sekolah yang berpidato. Nah, dengan mengikuti upacara bendera kita jadi terlatih untuk menghargai orang lain yang berbicara.Kalau kita ingin dihargai orang lain, maka hargailah orang lain itu dulu.

 

d.     menjadi pendengar yang baik

sama dengan menghargai orang lain, ketika upacara kita berlatih menjadi pendengar yang baik. Sulit lho..menjadi pendengar itu.Coba Sobat introspeksi diri, setiap upacara pasti Sobat nggak tahan untuk selalu ngobrol. Dan anehnya tuh, ada…aja yang jadi bahan obrolan. Sekali-kali jangan ngobrol dong…Kita latihan menjadi pendengar yang baik.

 

       e. biar tahu berita dan kegiatan sekolah terkini

          Tahu nggak Sobat, sebenarnya dengan diadakannya upacara di sekolah kita pasti nggak bakalan ketinggalan yang namanya informasi seputar sekolah. Bayangin kalau nggak pernah upacara sama sekali, wah bener-bener kita kuper deh ya. Pokoknya informasi apa pun bisa kita ketahui di saat upacara bendera. Apalagi sekarang buat Sobat kelas XII yang mau ikut UN. Beragam informasi sangat membantu banget tuh… Ya..minimal buat ngebangkitin semangat Sobat semua kan perlu juga.

 

Untuk semua itu makanya Sobat dari sekarang jangan males-males lagi kalau ngikuti upacara bendera. Bukan kenapa, manfaatnya itu lho, yang bagus banget. Jangan lagi mikir buruk dan ogahnya. Karena gimana pun semua itu diterapin buat kita agar kita berlatih disiplin. Soalnya namanya sekolah itu kan bukan hanya belajar dan menerima pelajaran aja, ada yang lebih dari itu, yaitu melatih kepribadian kita agar terbentuk menjadi individu yang bertanggung jawab. Jangan bosen upacara ya….