SABTU DENGAN SEPEDA by Anik Damogalad

Sabtu, 22 November 2009

 

SABTU DENGAN SEPEDA  by  Anik Damogalad

 

Beda memang dengan dari hari biasanya. Jakarta yang sehari-harinya bising dan penuh dengan polusi, Sabtu ini memang terasa lain. Apalagi beberapa hari ini Jakarta sempat diguyur hujan. Lumayan, untuk mendinginkan udara yang tiap hari terasa menyesakkan.

 

Sekelompok pemuda, sekitar 30 orang, melintas di Jalan by pass Ahmad Yani dari arah utara. Saya ketemu di perempatan Ria-rio, turunan jalan layang Cempaka Mas  menuju Rawamangun. Wow….keren deh. Mereka bersepeda lengkap dengan assesoris yang melekat di badan.

 

Saya jadi membayangkan, seandainya Jakarta menyediakan waktu satu hari saja untuk warganya bersepeda. Maksudnya, kita wajib bersepeda baik ke sekolah maupun ke kantor dalam satu hari itu. Ya….semacam hari wajib bersepeda gitu lah……..

 

Kayaknya bisa banget, kalo diterapkan aturan seperti itu. Macam di Negara China saja. Mereka yang namanya bersepeda ke sekolah atau ke kantor itu sudah biasa dan nggak malu lagi.

 

Selain demi alasan kesehatan, bersepeda juga berdampak positif untuk menekan banyaknya polutan yang semakin mengganas. Kota semacam Jakarta sebenarnya harus sudah mulai memikirkan kesehatan dirinya, terlebih penghuninya. Tidak ada kata terlambat lho……

 

Bayangkan saja, kendaraan dengan jumlah yang melebihi kapasitas…(perhatikan saja, dalam satu keluarga semuanya menggunakan kendaraan bermotor semua), jarang yang mau bersepeda, bahkan ke pasar pun mereka nggak mau bersepeda. Nah…..ini permasalahan yang super serius. Cepat atau lambat harus segera dicari sulosinya. Ya itu tadi……..Luangkan satu hari saja untuk bersepeda ke sekolah dan ke kantor.

 

Dijamin deh, ..Kita akan ada waktu untuk bernapas bebas tanpa polusi…Legaaaaaaaaaaaaaaaaaa rasanya hidung saat kita melintas di jalanan.

Setuju????????

 

 

 

One thought on “SABTU DENGAN SEPEDA by Anik Damogalad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s