TAHUKAH KAMU, APA AJA YANG BIKIN KITA SULIT KONSENTRASI? (Jumat, 7 November 2008) by Anik Damogalad

Setiap kali diajar oleh guru, kenapa ya…kita kok susah banget ngingetinnya. Gak kebayang deh…apalagi untuk pelajaran-pelajaran tertentu. Ampun-ampunan deh….pokoknya. Biar digimanain tetep aja susah nangkepnya. Paling nggak, itu yang sering dikeluhkan oleh para kita.

 

Tapi sebenarnya apa Sobat tahu kalau sebenarnya ada banyak faktor mengapa orang jadi sulit untuk nginget-inget pelajaran. Simak deh yang berikut…….

 

 

 

 

 

 

  1. Gak penting

 

Kebanyakan dari kita beranggapan kalau apa yang diterangin guru itu gak penting. Buat apa sih….gitu pikir kita. Kita seolah nggak peduli dengan semua penjelasan guru.

Jangankan materi pelajaran, ngedengerin nasihat guru aja malesnya minta ampyun. Wah…wah…wah….gimana ya…….Apalagi ngasih nasihatnya siang-siang bolong, lebih-lebih deh……..Maunya tuh, kalo siang banyakan becandanya…

 

Tapi kan kita nggak bisa begitu. Apa pun yang guru berikan kita harus memperhatikannya. So, orang tua kita di sekolah kan guru.

 

Jadi mulai sekarang, buang pikiran itu. Maksudku, berpikiranlah bahwa guru nggak bakalan ngomong kalau nggak penting. So, semua yang dikatakan guru itu penting.

 

  1. Ada gangguan

 

Gangguan ini bermacam-macam Sobat. Bisa gangguan dari luar ataupun dari dalam. Gangguan dari dalam diri misalnya, rasa males, lapar, kesel, dan seabreg masalah pribadi yang mungkin hanya kamu sendiri yang tahu.

Sedangkan masalah dari luar, misalnya ada yang berisik, jadi suasana di luar kelas rame sehingga tidak mendukung terciptanya ketenangan. Sehingga waktu belajar jadi terganggu.

 

Apalagi kalau sekolahnya deket jalan raya…..nah, jadi deh gangguan lebih komplet. Suara mobil lewat, belum lagi bajaj yang super ribut banget.

 

  1. Nggak konsentrasi( punya masalah)

 

Yang namanya konsentrasi (disingkat konsen), susah-susah gampang banget. Banyak persoalan yang kita hadapi membuat pikiran kita makin kacau. Tapi ketahuilah Sobat, kalau semua orang itu punya masalah. Pasti deh…..kalau nggak punya berarti, dia udah pindah ke dunia lain. Jadi selama hidup, ya pasti kita selalu punya.

 

Oleh karenanya kita mesti bisa memilah dan memilih masalah mana yang harus kita selesaikan dengan skala prioritas, artinya mana yang harus kita selesaikan terlebih dahulu.

 

  1. Capek fisik

 

Kondisi tubuh yang kurang fit atau kurang sehat, apalagi sakit juga mempengaruhi pikiran kita untuk konsentrasi. Apalagi jika perut kosong, tak terisi. Makin mempengaruhi daya kerja otak kita.

 

Untuk itu Sobat, kita kudu pinter-pinter jaga kesehatan. Apalagi tuh Sobat yang kelas XII, bentar lagi kan mau ujian nasional. Harus ekstra jaga kesehatan dan jaga diri. Jangan sampai sakit parah. Sakit ringan jangan juga sih……

 

  1. Pengaruh zat kimia tertentu

 

Hidup di zaman modern seperti sekarang, ditambah dengan gaya hidup yang serba cepat sangat mempengaruhi tubuh kita. Belum lagi kondisi lingkungan yang membuat kita makin mudah terpapar oleh polutan-polutan yang so….sangat berbahaya bagi tubuh kita.

 

Misalnya, asap kendaraan yang secara nggak sadar saat di jalan kita hirup, juga asap rokok yang ikutan terhirup dengan tak sengaja. Maksudnya, bukan kita yang ngrokok sih…..tapi orang lain. Coz….kita yang sebagai perokok pasif, ternyata punya kans yang lebih besar dari pada yang bener-bener lagi ngrokok.

 

Belum lagi, dari makanan yang kita santap sehari-hari. Yang kadang kala nggak sadar kalau di dalamnya mengandung zat kimia yang berbahaya. Misalnya, seringnya kita makan makanan fast food, yang so pasti tinggi lemak dan berkalori tinggi. Juga mie instant atau makanan yang berpengawet.

 

Coba aja Sobat itung, berapa kali dan makanan apa aja yang telah Sobat makan dalam satu hari. Kayaknya banyak yang berbahaya dari pada yang bermanfaat.

 

Kalo udah tahu demikian, yuk kita mulai sekarang menghindari semua yang di atas. Karena ternyata kita susah konsentrasi itu banyak faktornya. Maka mengenali faktor pencetusnya lebih bagus dari pada nggak sama sekali.

 

Jadi kalo udah tahu, jadi gampang kita menghindarinya. Yuk……………!!!!!!

 

 

 

 

2 thoughts on “TAHUKAH KAMU, APA AJA YANG BIKIN KITA SULIT KONSENTRASI? (Jumat, 7 November 2008) by Anik Damogalad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s