UNTUK WISUDA, 6 Juni 2012, Jakarta Assalamualaikum, wr.wb. Saya

UNTUK WISUDA, 6 Juni 2012, Jakarta

 

Assalamualaikum, wr.wb. Saya mewakili teman-teman guru akan memberikan kesan selama kalian belajar di sini. Sebelumnya salam REFUGIO 2012, buat kalian.

 

Satu kesan kami,

Buat kami angkatan sekarang adalah angkatan yang luar biasa. Saya ucapkan SELAMAT karena kalian sudah lulus dan berhasil melewati masa-masa yang sangat mendebarkan yaitu UJIAN NASIONAL.

 

Namun bukan berarti masa untuk belajar itu berakhir, karena justru hidup yang sesungguhnya adalah sekarang ini, mulai hari ini. Perjuangan kita belum selesai. Masih banyak tahapan-tahapan kehidupan lagi yang menunggu kalian. Kalian harus mengisinya dengan segala kegiatan yang positif dan bermanfaat baik bagi diri sendiri, keluarga, dan orang lain.  

 

Anak-anakku,

Tak terasa waktu sedemikian cepatnya. Yaa….3 tahun serasa kemarin sore. Masih kuingat ketika kalian pertama kali memasuki SMA DIPONEGORO 1 dengan berseragam putih biru dan masih lugu. Begitu polosnya kalian, remaja-remaja kecil yang mulai menginjak dewasa dengan segala tingkah polahnya. Dan kami harus menghadapi kalian, karena itu adalah bagian dari tugas kami, tidak saja sebagai guru namun juga sebagai orang tua kedua kalian di sekolah.  

 

Kami tahu kadang-kadang kalian merasa terpaksa duduk di kelas untuk mendengarkan materi pelajaran, ada yang ngantuk, ada juga yang berpura-pura ke toilet karena sekedar menghindari pelajaran itu walaupun hanya beberapa menit.

 

Anak-anakku,

Banyak hal yang kita pelajari, kita peroleh, dan kita lakukan selama tiga tahun ini.  Kami berusaha mengajarkan banyak hal sesuai dengan bidang ilmu kami masing-masing dengan harapan kalian bisa memahami materi pelajaran. Itu semua untuk melatih kalian tidak hanya memahami materi tersebut, namun juga mengajarkan kalian agar bisa menjadi pribadi yang bertanggung jawab serta mengerti apa sebenarnya dan bagaimana hidup ini.

 

Anak-anakku,

Tak ada kata yang lebih membahagiakan ketika mendengar kabar baik bahwa kalian talah berhasil. Pesan kami, di mana pun kalian berada, jaga diri kalian, bawalah selalu nama baik diri kalian dan keluarga, juga sekolah ini, almamater tempat kalian menghabiskan hari-hari kalian. Di tangan kalian jugalah citra sekolah SMA Diponegoro 1 terbentuk dengan baik.

 

Jadilah apa saja yang kalian cita-citakan. Punyailah mimpi setinggi bintang. Kejarlah mimpimu, dan wujudkan semua mimpimu dengan kerja keras yang nyata. Yakinlah bahwa dengan segala kerja keras dan doa kalian yang sungguh-sungguh mimpi yang telah kalian bangun akan tercapai. Tak kan ada kata sia-sia jika semua itu kalian lakukan. Yakinlah bahwa Tuhan selalu melihat semua apa yang kita lakukan dan mendengar semua yang kita mohonkan.

 

Mungkin kalian sering mendengar kalimat ini, “tidak ada orang yang bodoh di dunia ini karena Tuhan menciptakan kita dengan segala kesempurnaan. Kita hanya dituntut untuk cerdas berpikir dan peka bahwa kita sebenarnya juga punya kemampuan yang sama dengan orang lain”. Dengan kata lain, kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak?

 

Anak-anakku,

Kalian masing-masing mempunyai talenta yang luar biasa. Lihatlah, kalian ada yang pintar matematika, pintar bahasa, jago olah raga, menyanyi, bermain musik, dll. Itu membuktikan bahwa kalian adalah orang-orang yang hebat. Seseorang bisa sukses tidak hanya dalam bidang akademik saja, bisa juga ia sukses dalam bidang prestasi yang lain. Yaa….sukses itu terdapat di mana-mana.

 

Untuk itu lah kalian dituntut untuk bisa mengembangkan satu dari kecerdasan yang kalian miliki. Eksplor lah hobi yang menjadi talenta kalian, karena dengan itu kalian bisa sukses di kemudian hari.

 

Tak banyak yang kami berikan, hanya sedikit ilmu saja. Ilmu Tuhan jauh lebih banyak dan luas.  Kalian lah yang harus mencarinya. Carilah ilmu itu hingga ke ujung dunia sekali pun.

 

 

 

Kami minta maaf, mungkin selama mengajar kalian kami banyak melakukan kesalahan, baik kata-kata maupun tingkah laku kami yang mungkin kurang berkenan di hati kalian, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami juga manusia biasa yang tak lepas dari kesalahan. Sebaliknya buat kalian, kami sudah memaafkan semuanya.

 

Kami mengucapkan selamat jalan, selamat bertemu di rentang waktu nanti kalian reuni di sekolah ini. Datanglah dengan membawa sukses kalian masing-masing.

 

Masih ingat kata-kata bijak dari pak Arif, JUJUR, SYUKUR, dan IKHLAS. Jujurlah dalam bertutur kata, bersyukurlah atas karunia Tuhan, dan ikhlaslah selalu dalam bertindak. Tiga kata itu akan menjadi modal kalian dalam kehidupan nanti.

 

Satu puisi buat kalian yang baru kutulis semalam,

 

Aku bangga pernah bersama kalian

Aku bangga pernah di antara kalian

Belajar bersama, mengerti bersama,

Dan bisa semuanya

Bersama.

Untuk kemudian SUKSES bersama.

 

Satu lagi,

Mengutip dari kata-kata bijak, (dari William A. Ward)

Guru yang biasa-biasa saja memberitahu, guru yang baik menjelaskan, guru yang bagus menunjukkan caranya, tetapi guru yang luar biasa adalah guru yang menginspirasi murid-muridnya.  Semoga kami bisa menjadi guru yang memenuhi kriteria itu.

 

SUKSES BUAT KALIAN. SEKALI LAGI, KAMI, DIPONEGORO MENUNGGU KEBERHASILANMU.

Sekian, wassalam.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s