SAMBUTAN PERWAKILAN GURU PADA ACARA WISUDA SMADIPONEGORO 1HALIM

SAMBUTAN PERWAKILAN GURU PADA ACARA WISUDA SMA

DIPONEGORO 1

HALIM PERDANA KUSUMA 20 JUNI 2013

                 ASSALAAMU ALAIKUM WR WB,

                 Yang Terhormat,

  1. Pengawas SMA Sudin Dikmen Jakarta Timur, Drs. H. Suyitno, M.Pd
  2. Pengawas Agama Kan Menag Propinsi DKI Jakarta, Dra. Arenawati
  3. Kasi SMA Sudin Dikmen Jakarta Pusat, H.Sadikin Kartasasmita,M.M.
  4. Ketua Yayasan Al-Hidayah Jakarta, Ir.H. Imam Parikesit
  5. Kepala Sekolah SMA Diponegoro 1 Jakarta, Dra. Tety Herawati
  6. Wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan SMA Diponegoro 1, Nurhay Abdurrahman, S.Sos dan Hanny Atie Sumarni, S.Pd.
  7. Hj.Irmaini, M.Pd, guru SMAN 93 yang dulu juga menjadi kepala sekolah SMA Diponegoro 1 Jakarta
  8. Para tamu undangan,  

 

Serta peserta didik kelas 12 lulusan tahun 2013  yang kami cintai dan kami banggakan.

DIPO YES!!!

 

Dalam suasana yang berbahagia ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt.

Shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad saw beserta keluarga dan para sahabatnya.

 

Hadirin,

Hari ini adalah hari yang paling istimewa karena saya bisa berada di antara keluarga besar SMA Diponegoro 1 Jakarta dan bapak-ibu beserta putra-putri yang sedang berbahagia.

Sebelum saya memberikan kesan dan pesan dari perwakilan guru, izinkan saya mewakili rekan guru dan karyawan SMA Diponegoro 1 untuk mengucapkan “SELAMAT” karena seluruh peserta didik kelas 12 tahun ini lulus 100 persen.

 

Anak – anakku tercinta,

Tidak terasa 3 tahun berlalu. Kita telah melewati kebersamaan dalam suka dan duka. Kalian anak-anak remaja kecil yang masih berseragam putih biru dan malu-malu sekarang telah menjadi remaja dewasa. Bukan hanya dewasa secara usia namun juga dewasa dalam berpikir dan berolah hati.

Sekedar mengingatkan saat itu, kalian harus mulai beradaptasi dengan lingkungan sekolah, guru, dan teman-teman. Sekolah bersama, belajar bersama, hingga bikin ulah pun bersama. Kalian sangat menikmati masa-masa itu bukan? Masa-masa indah kalian yang tak akan terulang lagi.

Namun tahukah kalian bahwa ulah kalian yang kadang susah diatur itu menjadikan kami, para guru jengkel bersama-sama juga? Itulah kalian dengan segala seluk-beluk dunia remaja yang mau tak mau kami harus memakluminya.

Selama 3 tahun juga kalian menuntut ilmu disini, banyak hal yang telah kalian dapatkan, bukan hanya materi pelajaran melainkan juga pelajaran tentang hidup yang bertanggung jawab, disiplin, dan mengembangkan rasa empati kepada sesama.

Selama itu pula kami mencoba memberikan ilmu yang terbaik yang kami miliki untuk kalian, namun maafkan kami hanya inilah yang mampu kami persembahkan dan kami berikan kepada kalian. Semoga kalian dapat mencari ilmu lainnya yang lebih luas dan beragam. Di luar sana ilmu Tuhan jauh lebih luas dan kita dituntut untuk selalu mencarinya sampai habis waktu kita.

Jika boleh kami umpamakan, kehidupan ini ibarat sebuah perjalanan, maka kami  ingatkan: jangan terlalu sering menoleh ke belakang. Sesering kalian menoleh ke belakang, sesering itu pula kerja kerasmu menggapai cita-cita terganggu, energimu akan terbuang sia-sia. Bolehlah sesekali saja kalian menoleh ke belakang, kalian boleh menoleh ke belakang untuk sekedar mengenang di mana kalian pernah berada.

 

Harapan kami, guru dan sekolah, apa yang telah kalian pelajari dan dapatkan selama di SMA Diponegoro 1 ini bisa bermanfaat bagi kehidupan kalian pada masa yang akan datang. Tetaplah semangat menuntut ilmu sampai kapan pun serta di mana pun kalian nanti akan melanjutkan pendidikan. Bahkan sesungguhnya pendidikan itu tak hanya berlangsung di perguruan tinggi karena kehidupan sehari-hari itulah sebenarnya sekolah yang sejati.

 

Untuk jangka waktu 5 tahun ke depan, datang dan kembalilah lagi ke sekolah ini sebagai kapasitas orang yang berbeda, yaitu sebagai orang yang sukses. Jadilah segala apa yang kalian inginkan, karena apa pun profesi kalian jika kalian melakukannya dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, niscaya segala kebaikan akan kalian peroleh di sana. Insya allah profesionalisme sejati akan kalian dapatkan.

 

Hari ini kami harus merelakan kalian untuk pergi. Kita bukan berpisah, namun kita hanya berbeda tempat karena kalian harus menuntut ilmu yang lebih tinggi lagi. Temukan keindahan dan keluasan ilmu di luar sana. Hal itu lah yang akan menjadikan kalian semakin bijaksana.

 

Semoga pertemuan kita yang lalu bagaikan pertemuan emas dengan api yang mampu mengubah dan menjadikan emas tersebut menjadi perhiasan yang indah, atau pertemuan yang lalu bagaikan kepompong yang telah mengubah ulat menjadi kupu-kupu yang amat indah.

 

Terbanglah kupu-kupuku, terbanglah dengan indah dan kalian akan tahu bahwa dunia di luar sana sangat menarik dan indah, seindah diri kalian. Terbanglah dengan sayap kalian yang kokoh.

Tengoklah sejenak ke belakang, ada ayah dan ibu kalian yang masih duduk menungguimu hingga hari ini. Beliau di belakangmu karena beliau mendorongmu untuk menyemangatimu agar kamu menjadi yang terdepan. Beliau ingin menyaksikan putra-putrinya berhasil tidak hanya pada hari ini tetapi juga di waktu yang akan datang.

 

Anak-anakku,

lihatlah betapa bahagianya mereka karena kamu bisa melewati satu ujian ini. Ciumlah tangannya dan peluklah, berterima kasihlah, dan katakan padanya, AYAH, IBU, AKU AKAN LEBIH BERHASIL DARI PADA HARI INI. 

Tunjukkan pada dunia bahwa kalian memang pantas untuk dihargai.

 

Kepada para bapak dan ibu orang tua peserta didik, kami atas nama sekolah mengucapkan terima kasih atas kepercayaan bapak dan ibu karena telah memilih SMA Diponegoro 1 sebagai tempat belajar bagi putra-putri bapak dan ibu semua.

          Semoga semua ini menjadi kebaikan yang selalu mengaliri setiap jiwa kita.

 

Kami mohon maaf apabila selama ini, kami atau sekolah kurang dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada putra-putri bapak dan ibu. Kami akan terus belajar dan berubah agar kami bisa memberikan yang terbaik pada peserta didik di SMA Diponegoro 1 pada masa yang akan datang. 

 

Harapan kami,

kalian harus sukses, manfaatkanlah kesempatan yang masih ada sebaik-baiknya, dan jangan pernah bermimpi kalian sukses tanpa usaha dan kerja keras. Ingat, hari ini adalah ladang, untuk itu manfaatkan bercocok tanam sebanyak mungkin, dan hari kemudian adalah saatnya menikmati hasil panenan. Jangan pernah bermimpi menuai hasil panenan, jika tidak pernah menanam.

 

Ingatlah juga,

apabila hari ini kalian terlalu lunak menata kehidupan, di hari tua kalian akan ditindas, dihimpit, dan dilindas oleh kerasnya kehidupan. Namun sebaliknya apabila hari ini kalian kerja keras penuh disiplin dalam menata kehidupan, insya Allah ke depan kerasnya kehidupan akan takluk dan lunak di hadapanmu.

          Anak-anakku,

Kami titipkan nama besar SMA Diponegoro 1 tercinta ini kepada kalian semua, jagalah nama harumnya, bawalah segala kebaikan yang pernah kalian dapatkan di sini di mana pun kalian berada. Berusahalah untuk selalu menerapkan kata-kata bijak yang sudah menjadi budaya sekolah kalian yaitu, SENYUM, SAPA, SALAM, SABAR, SYUKUR, SEHAT, dan SEJAHTERA. Insya allah akan menjadi berkah bagi kita semua. Tetapkanlah hati dan pikiran kalian dalam kejujuran dan kebenaran niscaya kalian akan menjadi orang – orang yang sukses dan berhasil di masa depan.

Kita jadikan kebersamaan waktu yang telah lalu sebagai kenangan terindah yang pernah terjadi.

Semoga Tuhan mempertemukan kembali kita semua dalam suasana yang berbeda yaitu suasana yang lebih bahagia, bahagia karena kalian telah membawa sukses kalian masing-masing dan kami bahagia karena telah menjadi bagian dari sukses kalian.

 Selamat jalan anakku.

Doa kami merestui langkahmu,raih cita dan cintamu.
Berkibarlah di angkasa raya….. dan katakan pada dunia bahwa

“SAYA PASTI BISA”

         Sekian,

        Wassalammu alikum wr wb.

 

Iklan

UNTUK WISUDA, 6 Juni 2012, Jakarta Assalamualaikum, wr.wb. Saya

UNTUK WISUDA, 6 Juni 2012, Jakarta

 

Assalamualaikum, wr.wb. Saya mewakili teman-teman guru akan memberikan kesan selama kalian belajar di sini. Sebelumnya salam REFUGIO 2012, buat kalian.

 

Satu kesan kami,

Buat kami angkatan sekarang adalah angkatan yang luar biasa. Saya ucapkan SELAMAT karena kalian sudah lulus dan berhasil melewati masa-masa yang sangat mendebarkan yaitu UJIAN NASIONAL.

 

Namun bukan berarti masa untuk belajar itu berakhir, karena justru hidup yang sesungguhnya adalah sekarang ini, mulai hari ini. Perjuangan kita belum selesai. Masih banyak tahapan-tahapan kehidupan lagi yang menunggu kalian. Kalian harus mengisinya dengan segala kegiatan yang positif dan bermanfaat baik bagi diri sendiri, keluarga, dan orang lain.  

 

Anak-anakku,

Tak terasa waktu sedemikian cepatnya. Yaa….3 tahun serasa kemarin sore. Masih kuingat ketika kalian pertama kali memasuki SMA DIPONEGORO 1 dengan berseragam putih biru dan masih lugu. Begitu polosnya kalian, remaja-remaja kecil yang mulai menginjak dewasa dengan segala tingkah polahnya. Dan kami harus menghadapi kalian, karena itu adalah bagian dari tugas kami, tidak saja sebagai guru namun juga sebagai orang tua kedua kalian di sekolah.  

 

Kami tahu kadang-kadang kalian merasa terpaksa duduk di kelas untuk mendengarkan materi pelajaran, ada yang ngantuk, ada juga yang berpura-pura ke toilet karena sekedar menghindari pelajaran itu walaupun hanya beberapa menit.

 

Anak-anakku,

Banyak hal yang kita pelajari, kita peroleh, dan kita lakukan selama tiga tahun ini.  Kami berusaha mengajarkan banyak hal sesuai dengan bidang ilmu kami masing-masing dengan harapan kalian bisa memahami materi pelajaran. Itu semua untuk melatih kalian tidak hanya memahami materi tersebut, namun juga mengajarkan kalian agar bisa menjadi pribadi yang bertanggung jawab serta mengerti apa sebenarnya dan bagaimana hidup ini.

 

Anak-anakku,

Tak ada kata yang lebih membahagiakan ketika mendengar kabar baik bahwa kalian talah berhasil. Pesan kami, di mana pun kalian berada, jaga diri kalian, bawalah selalu nama baik diri kalian dan keluarga, juga sekolah ini, almamater tempat kalian menghabiskan hari-hari kalian. Di tangan kalian jugalah citra sekolah SMA Diponegoro 1 terbentuk dengan baik.

 

Jadilah apa saja yang kalian cita-citakan. Punyailah mimpi setinggi bintang. Kejarlah mimpimu, dan wujudkan semua mimpimu dengan kerja keras yang nyata. Yakinlah bahwa dengan segala kerja keras dan doa kalian yang sungguh-sungguh mimpi yang telah kalian bangun akan tercapai. Tak kan ada kata sia-sia jika semua itu kalian lakukan. Yakinlah bahwa Tuhan selalu melihat semua apa yang kita lakukan dan mendengar semua yang kita mohonkan.

 

Mungkin kalian sering mendengar kalimat ini, “tidak ada orang yang bodoh di dunia ini karena Tuhan menciptakan kita dengan segala kesempurnaan. Kita hanya dituntut untuk cerdas berpikir dan peka bahwa kita sebenarnya juga punya kemampuan yang sama dengan orang lain”. Dengan kata lain, kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak?

 

Anak-anakku,

Kalian masing-masing mempunyai talenta yang luar biasa. Lihatlah, kalian ada yang pintar matematika, pintar bahasa, jago olah raga, menyanyi, bermain musik, dll. Itu membuktikan bahwa kalian adalah orang-orang yang hebat. Seseorang bisa sukses tidak hanya dalam bidang akademik saja, bisa juga ia sukses dalam bidang prestasi yang lain. Yaa….sukses itu terdapat di mana-mana.

 

Untuk itu lah kalian dituntut untuk bisa mengembangkan satu dari kecerdasan yang kalian miliki. Eksplor lah hobi yang menjadi talenta kalian, karena dengan itu kalian bisa sukses di kemudian hari.

 

Tak banyak yang kami berikan, hanya sedikit ilmu saja. Ilmu Tuhan jauh lebih banyak dan luas.  Kalian lah yang harus mencarinya. Carilah ilmu itu hingga ke ujung dunia sekali pun.

 

 

 

Kami minta maaf, mungkin selama mengajar kalian kami banyak melakukan kesalahan, baik kata-kata maupun tingkah laku kami yang mungkin kurang berkenan di hati kalian, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami juga manusia biasa yang tak lepas dari kesalahan. Sebaliknya buat kalian, kami sudah memaafkan semuanya.

 

Kami mengucapkan selamat jalan, selamat bertemu di rentang waktu nanti kalian reuni di sekolah ini. Datanglah dengan membawa sukses kalian masing-masing.

 

Masih ingat kata-kata bijak dari pak Arif, JUJUR, SYUKUR, dan IKHLAS. Jujurlah dalam bertutur kata, bersyukurlah atas karunia Tuhan, dan ikhlaslah selalu dalam bertindak. Tiga kata itu akan menjadi modal kalian dalam kehidupan nanti.

 

Satu puisi buat kalian yang baru kutulis semalam,

 

Aku bangga pernah bersama kalian

Aku bangga pernah di antara kalian

Belajar bersama, mengerti bersama,

Dan bisa semuanya

Bersama.

Untuk kemudian SUKSES bersama.

 

Satu lagi,

Mengutip dari kata-kata bijak, (dari William A. Ward)

Guru yang biasa-biasa saja memberitahu, guru yang baik menjelaskan, guru yang bagus menunjukkan caranya, tetapi guru yang luar biasa adalah guru yang menginspirasi murid-muridnya.  Semoga kami bisa menjadi guru yang memenuhi kriteria itu.

 

SUKSES BUAT KALIAN. SEKALI LAGI, KAMI, DIPONEGORO MENUNGGU KEBERHASILANMU.

Sekian, wassalam.

 

 

WARGA MASYARAKAT DAN KESADARAN BERPOLITIK

WARGA MASYARAKAT DAN KESADARAN BERPOLITIK

Kesadaran berpolitik bagi warga masyarakat kini sudah mulai tinggi. Ini dikarenakan  semakin membaiknya pendidikan warga negara dan juga sebagai dampak dari globalisasi dalam bidang teknologi dan informasi yang membuat pendidikan berpolitik warga pun semakin terbuka. Hal inilah yang membuat semakin terbukanya kesempatan bagi warga untuk ikut serta berpolitik.

Sebagai warga negara Indonesia kegiatan berpolitik telah diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945, bahwa semua warga negara baik laki-laki maupun perempuan memiliki hak yang sama dalam bidang hukum, pemerintahan, dan kemerdekaan dalam berserikat dan berkumpul, dalam hal ini adalah berpolitik. Berpolitik yang baik yaitu berpolitik yang bersih lahir maupun batin, cerdas, dan penuh etika serta sopan santun.

Lalu apa wujud  partisipasi warga dalam berpolitik? Banyak cara di antaranya adalah dengan berpartisipasi menjadi anggota partai politik, Lembaga Swadaya Masyarakat,  ataupun beberapa organisasi kecil di masyarakat. Ini bertujuan agar masyarakat bisa selalu mengontrol dan mengkritisi kinerja pemerintah dalam hal kebijakan politik, membantu upaya peningkatan identitas bangsa, dan menjaga integritas nasional, serta ingin selalu berperan dalam pengambilan keputusan politik melalui aksi demo maupun ikut serta dalam pemilu.

Untuk ikut serta mengontrol atau pun mengkritisi pemerintah sebenarnya dapat dilakukan melalui banyak jalan, misalnya melalui media massa atau pun media jejaring sosial, namun ada hal-hal tertentu yang hanya bisa kita lakukan melalui partai politik. Salah satu contoh adalah kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan parlemen yang secara langsung bersentuhan dengan kepentingan bersama yaitu seluruh rakyat Indonesia. Dengan demikian suara atau aspirasi rakyat dapat tertampung melalui partai politik yang dipilih. Dengan kata lain peran warga adalah berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat/pemerintah (social support), melakukan kontrol terhadap pemerintah (social control), dan meminta pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat (social responsibility).

Berbicara tentang politik, kita tak bisa lepas dari partai. Banyaknya partai membuat warga masyarakat kesulitan untuk memilih. Bagaimana caranya memilih partai politik yang sesuai dengan keinginan masyarakat? Berikut ini beberapa pertimbangan agar kita tidak salah memilih partai.

1. Bukan partai fansclub

Partai ini ditandai dengan pemimpin yang tidak pernah ganti dalam beberapa periode. Pemimpin selalu dielu-elukan dan dianggap figur yang paling cocok untuk menjadi presiden oleh para pengikutnya. Banyak orang yang ikut-ikutan dan hanya mencari keuntungan pribadi saja dalam partai seperti ini.

2. Bukan partai dinasti

Partai ini merupakan kepanjangan tangan dari partai fansclub sebelumnya yang juga beranggotakan orang-orang yang selalu setia. Untuk mempertahankan kedudukannya biasanya pemimpin menyertakan anak dan kerabatnya untuk mengisi jabatan-jabatan struktural di dalam partai.

3. Bukan partai asal ngetop

Partai ini biasanya mengandalkan calon-calonnya dari kalangan orang terkenal baik celebritis maupun publik figur yang lainnya. Yang dipentingkan adalah terkenal baik cantik maupun tampan, soal kualitas calon itu nomor dua. Partai ini juga tak segan-segan mengeluarkan uang untuk membeli suara (money politic).

4. Bukan partai koruptor

Partai yang jelas-jelas beranggotakan para koruptor maupun bekas koruptor harus diwaspadai. Kita harus memilih partai yang bersih dan memihak rakyat. Rasanya sulit untuk mengetahui seberapa bersihnya sebuah partai namun kita bisa meminimalkan dugaan itu dengan melihat program-programnya selama ini. Setidaknya partai yang kita pilih adalah partai yang terbuka dan transparan dalam hal pengelolaan rumah tangga partai. Jadi partai yang menjadi dambaan masyarakat itu bukan hanya partai yang bersih dari korupsi melainkan juga partai yang diharapkan mampu memberantas korupsi.

Yang harus kita sadari adalah bahwa masa depan rakyat dan bangsa ini ditentukan oleh sejauh mana keterlibatan warga masyarakatnya dalam berpolitik. Dengan berpolitik berarti warga masyarakat sekaligus belajar berdemokrasi. Bagaimana pun demokrasi di pandang penting karena merupakan alat yang dapat digunakan untuk mewujudkan kebaikan bersama atau masyarakat dan sebagai wujud pemerintahan yang baik ( good society and good government).

(Ani Zuba)

 

 

LIBURAN NGAPAIN AJA?

Libur tlah tiba, libur tlah tiba. Saatnya kita refreshing mengistirahatkan otak kita yang hari2 selalu belajar, belajar, dan terus belajar. Capek juga kan?? Tubuh kita ibarat mesin juga, kalau dipakai terus-menerus akan rusak. Jadi untuk membuatnya agar tetap terjaga kesehatannya, kita harus mengistirahatkan barang sejenak. Jadi, gitu liburan selesai otak serta tubuh kita akan kembali fresh. Segaaarrrrrrrr….

Berlibur nggak mesti ngabisin duit kok. Kalau ada uang sih, nggak pa-pa. bagi yang gak banyak uang lebih, gak usah takut. Banyak hal yang bisa kita lakuin untuk mengisi liburan kita yang 2 minggu ini. Dijamin kok, walaupun di rumah saja, otak kita juga bisa fresh karena kita menggunakan otak alias pikiran kita selain belajar.

Trus ngapain aja??

Coba tengok kamar kalian. Meja belajar, bahkan lemari pakaian yang sehari-harinya kita gunakan. Kalian bisa mulai membersihkannya dalam liburan ini. Yakin deh, gak cukup sehari kalau kita mau bersih2 in semuanya.

Meja belajar kamu yang kadang berantakan itu bisa kamu tata dengan letak yang berbeda dengan hari biasa. So, ada variasinya kan…kita jadi nggak bosen ngelihatnya. Buku-buku yang sudah gak kamu pakai bisa kamu pisah-pisahin, mana kira2 yang masih bisa didaur ulang.

Jika Sobat punya adik atau saudara yang mungkin masih memerlukan buku kamu, kalian bisa memberikannya. Atau kalau kamu gak punya adik atau saudara yang memerlukannya, Sobat bisa menyumbangkannya ke tempat-tempat bacaan. Ingat Sobat, banyak saudara kita di luar sana yang gak mampu beli buku karena keterbatasan uang mereka. Dan buku kalian akan sungguh berarti.

Satu lagi yang gak boleh kelewatan, coba Sobat periksa lemari pakaian kamu. Aduuuhhh…ternyata gak kalah penuh dan berantakannya yaaa. Nah, saatnya juga untuk membongkar. Tapi eit…jangan dibuang-buang dulu.

Coba sortir baju2 kamu dan susunlah menurut kelompoknya, misalnya, t shirt dengan t shirt, celana panjang disendiriin, jeans apalagi. Kalau hari biasa kan kita gak sempet ya. Pasti jauh lebih rapi.

Jangan salah juga lho Sobat, baju2 lama kamu bisa kamu padu padan lagi lho…. Kan fashion itu selalu berubah. Lihat aja, baju mama yang dulu kamu katain jadul, wah…ternyata sekarang ngetrend lagi. Apalagi jika kamu bisa menambahkannya dengan assesoris yang serasi. Keren juga kan….

Sepatu-sepatu lama koleksi kamu, belt, topi, bahkan tas-tas yang ngegantung di lemari kamu, bisa disulap menjadi gaya yang gak kalah fashionable nya. Cobain deh, kamu mix and match. Kalian akan gak nyangka kalau ternyata bisa bikin style yang oke punya.

So, kita gak perlu ke butik-butik atau hunting untuk ngedapetin barang2 yang ternyata emang sudah kita punyai. Ini bisa menghemat uang kalian juga kan??

Atau Sobat bisa bikin kreasi sendiri dari baju-baju itu, misalnya kalian bikin model yang berbeda dengan menggunting lengan panjangnya menjadi tangan pendek, kan jadi berbeda tuh dari baju aslinya. Bahkan kalian bisa membuat tas, tempat pensil, bahkan sarung bantal dari baju-baju bekas kamu. Seribu satu macam kreativitas deh kalau kalian mau. Dan kalian akan memiliki barang yang bentuknya berbeda alias eksklusif. Pasti temen2 Sobat akan bilang, “Beli di mana sih?”. He hehehehe….

But, jika kalian tetep gak suka dengan baju2 itu atau merasa kekecilan sementara kalian gak punya adik atau saudara untuk dilungsurin, Sobat bisa menyumbangkannya untuk orang-orang yang terkena bencana, misalnya korban kebakaran atau korban banjir. Mereka pasti memerlukannya kok. Kan di sekolah suka ada panitia yang menerima sumbangan baju-baju layak pakai.

Yang pasti, kamar kalian akan bersih dan barang2 kalian akan tetap berguna, baik untuk kalian maupun untuk orang lain. Dan secara tidak langsung, yang kita lakukan ini untuk mengurangi pemanasan global juga.

(ani, 2009)

SEKOLAH YANG HOMEY

Sekolah yang sekaligus sebagai HOME itulah yang menjadi sekolah idaman dan ideal bagi anak-anak. Juga bagi remaja usia belasan tahun, misalnya pelajar SMA. Mereka menginginkan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan, bisa bertemu dengan teman seperjuangan, sehati, dan sepermainan. Pun sehobi.

Mereka ingin di sekolah tidak hanya belajar menuntut ilmu melainkan bisa memiliki teman curhat dan bisa happy. Sah-sah saja mereka punya pikiran seperti itu. Lalu bagaimana kita menyikapi hal itu? Sebenarnya mudah. Kita harus bisa menjadikan sekolah itu sebagai home bagi mereka. HOME dalam artian rumah. Kita tahu bahwa rumah adalah tempat kita kembali, bercengkerama dengan keluarga, dengan ayah, ibu, kakak, dan adik serta anggota keluarga yang lain.

Sekolah hendaknya bisa memiliki home itu, memiliki suasana rumah yang hangat, yang membuat para anggota keluarganya selalu rindu untuk pulang di dalamnya.

Bagaimana sejatinya sekolah yang home itu? Harus punya kriteria antara lain, memiliki suasana yang menyenangkan di dalamnya, misalnya para guru dan warga sekolah yang lain berkomunikasi dengan akrab layaknya anggota keluarga. Saling menyapa, saling menyintai, dan toleransi satu dengan yang lain. Tidak ada anggota keluarga yang saling berselisih atau bertengkar, juga tidak saling mengejek dan merendahkan.

Kebersamaan dalam sekolah juga harus ditumbuhkan. Jika ada teman yang kekurangan atau bermasalah, kita harus segera peduli dan simpati terhadap mereka dengan jalan membantu agar semua terselesaikan dengan baik.

Sekolah harus bisa menampung semua kegiatan siswanya, selama kegiatan itu positif. Juga kita bisa menampung kreativitas mereka yang begitu beragam sehingga mereka merasa punya tempat untuk mengembangkan apa talenta yang dia miliki dengan melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Sebagai anak mungkin mereka di rumah tidak punya tempat untuk berekspresi, tak punya teman berbagi cerita karena kedua orang tuanya sibuk sehingga suasana rumah yang sebenarnya tidak dia temukan.

Sekolah tidak saja menjadi tempat belajar melainkan juga tempat berekspresi. Apalah jadinya kalau sekolah yang diharapkan menjadi tempat menuntut ilmu yang sangat menyenangkan dan kini berubah menjadi tempat yang justru membuatnya tertekan. Ini bukan home lagi untuk mereka. Mereka perlu tempat yang teduh, nyaman, dan menyenangkan, serta menentramkan dirinya. Hadirnya teman-teman yang penuh ceria dan antusias serta guru-guru yang ramah, baik, dan baik membuatnya betah dan mereka akan mendapatkan suasana home yang memang harus mereka dapat dalam perkembangan jiwanya.

Siswa tidak hanya menjadikan sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan, namun mereka juga menganggap sekolah sebagai rumahnya, di mana ia boleh bercerita kepada guru layaknya dengan orang tua, mereka bisa berekspresi dengan mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang telah disiapkan, sehingga ia bisa mngembangkan seluruh talentanya dengan maksimal.

FREE EDUCATION IN 9 YEARS TO INDONESIAN CHILD AND YOUNG by Anik Damogalad

Indonesia is country of island. There is approximately 17.504 island. But only 6000 island have dweller. How education at there, means in Indonesia?
W ith the people more 230 million, Indonesia need great of human source. To need it, Indonesian of gouverment to purpose program of education thats spread until all people feel it.
To spread opportunity in education, Indonesian gouverment take one of policy about it, that all people, have age 7 to 14 years old have to study. Gouverment prepare of them free education. They can study at Elementary School (Sekolah Dasar/ SD) and Junior High School (Sekolah Menengah Pertama/ SMP). As written in law of Indonesia (Undang-Undang Dasar 1945) that all Indonesian people got same opportunity in education. Because of that, in this program student are no need pay for it. Means, free. Gouverment give them all book also until graduate. Not only student at city but all student at remote area also got it.
To get success this program, Indonesian gouverment take more money. They founding many school, Elementary School and Junior High School at all island and all region, all city to village.
This Free education only can do at gouverment school. If student studying at Private school, they havenot facility from gouverment, means they have to pay and buying book at them school. So, not free.
By this program, all Indonesian children and young can go to school then they can read and write, so they have knowledge. Hope they have critical mind. They became to creative person so they can survive in their life.
But after Junior High School, means in Senior High School, gouverment don’t give free education again. They have to pay if study at there. How much they have to pay at Senior High School? Some school are not same, means fariative, depend where they are studying. If they are studying at good school they need many cost but if they school at level standard they no need much money for study. So, relative.
Substantively, they are no need worry about highly cost of education because gouverment and many company prepare scholarship for good student. But they have request about that, like brilliant, good achievement in academic or non academic or skill as sport, music, or other talent.
Anyway, all Indonesian people can follow this program, wherever they stay, its oke.