LIBURAN NGAPAIN AJA?

Libur tlah tiba, libur tlah tiba. Saatnya kita refreshing mengistirahatkan otak kita yang hari2 selalu belajar, belajar, dan terus belajar. Capek juga kan?? Tubuh kita ibarat mesin juga, kalau dipakai terus-menerus akan rusak. Jadi untuk membuatnya agar tetap terjaga kesehatannya, kita harus mengistirahatkan barang sejenak. Jadi, gitu liburan selesai otak serta tubuh kita akan kembali fresh. Segaaarrrrrrrr….

Berlibur nggak mesti ngabisin duit kok. Kalau ada uang sih, nggak pa-pa. bagi yang gak banyak uang lebih, gak usah takut. Banyak hal yang bisa kita lakuin untuk mengisi liburan kita yang 2 minggu ini. Dijamin kok, walaupun di rumah saja, otak kita juga bisa fresh karena kita menggunakan otak alias pikiran kita selain belajar.

Trus ngapain aja??

Coba tengok kamar kalian. Meja belajar, bahkan lemari pakaian yang sehari-harinya kita gunakan. Kalian bisa mulai membersihkannya dalam liburan ini. Yakin deh, gak cukup sehari kalau kita mau bersih2 in semuanya.

Meja belajar kamu yang kadang berantakan itu bisa kamu tata dengan letak yang berbeda dengan hari biasa. So, ada variasinya kan…kita jadi nggak bosen ngelihatnya. Buku-buku yang sudah gak kamu pakai bisa kamu pisah-pisahin, mana kira2 yang masih bisa didaur ulang.

Jika Sobat punya adik atau saudara yang mungkin masih memerlukan buku kamu, kalian bisa memberikannya. Atau kalau kamu gak punya adik atau saudara yang memerlukannya, Sobat bisa menyumbangkannya ke tempat-tempat bacaan. Ingat Sobat, banyak saudara kita di luar sana yang gak mampu beli buku karena keterbatasan uang mereka. Dan buku kalian akan sungguh berarti.

Satu lagi yang gak boleh kelewatan, coba Sobat periksa lemari pakaian kamu. Aduuuhhh…ternyata gak kalah penuh dan berantakannya yaaa. Nah, saatnya juga untuk membongkar. Tapi eit…jangan dibuang-buang dulu.

Coba sortir baju2 kamu dan susunlah menurut kelompoknya, misalnya, t shirt dengan t shirt, celana panjang disendiriin, jeans apalagi. Kalau hari biasa kan kita gak sempet ya. Pasti jauh lebih rapi.

Jangan salah juga lho Sobat, baju2 lama kamu bisa kamu padu padan lagi lho…. Kan fashion itu selalu berubah. Lihat aja, baju mama yang dulu kamu katain jadul, wah…ternyata sekarang ngetrend lagi. Apalagi jika kamu bisa menambahkannya dengan assesoris yang serasi. Keren juga kan….

Sepatu-sepatu lama koleksi kamu, belt, topi, bahkan tas-tas yang ngegantung di lemari kamu, bisa disulap menjadi gaya yang gak kalah fashionable nya. Cobain deh, kamu mix and match. Kalian akan gak nyangka kalau ternyata bisa bikin style yang oke punya.

So, kita gak perlu ke butik-butik atau hunting untuk ngedapetin barang2 yang ternyata emang sudah kita punyai. Ini bisa menghemat uang kalian juga kan??

Atau Sobat bisa bikin kreasi sendiri dari baju-baju itu, misalnya kalian bikin model yang berbeda dengan menggunting lengan panjangnya menjadi tangan pendek, kan jadi berbeda tuh dari baju aslinya. Bahkan kalian bisa membuat tas, tempat pensil, bahkan sarung bantal dari baju-baju bekas kamu. Seribu satu macam kreativitas deh kalau kalian mau. Dan kalian akan memiliki barang yang bentuknya berbeda alias eksklusif. Pasti temen2 Sobat akan bilang, “Beli di mana sih?”. He hehehehe….

But, jika kalian tetep gak suka dengan baju2 itu atau merasa kekecilan sementara kalian gak punya adik atau saudara untuk dilungsurin, Sobat bisa menyumbangkannya untuk orang-orang yang terkena bencana, misalnya korban kebakaran atau korban banjir. Mereka pasti memerlukannya kok. Kan di sekolah suka ada panitia yang menerima sumbangan baju-baju layak pakai.

Yang pasti, kamar kalian akan bersih dan barang2 kalian akan tetap berguna, baik untuk kalian maupun untuk orang lain. Dan secara tidak langsung, yang kita lakukan ini untuk mengurangi pemanasan global juga.

(ani, 2009)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s