BERTEMU DENGAN BACKPACKERS DUNIA, ELOK DYAH MESSWATI, DAN AGUSTINUS WIBOWO

BERTEMU DENGAN BACKPACKERS DUNIA, ELOK DYAH MESSWATI DAN AGUSTINUS WIBOWO
by Anik Damogalad
SABTU, 21 MEI 2011

Seperti biasanya, sebulan sekali aku mengikuti gathering di KOMUNITAS Baca Buku, satu komunitas tempat para pecinta buku berkumpul bersama. Di tempat inilah aku bisa sharing da bercerita tentang apa saja yang dialami oleh para penulis dan pembaca buku. Aku senang sekali berada di antara mereka.

Serasa bertemu dengan orang yang senasib dan seide, kami bisa membahas berbagai macam hal. Dan hari ini pun, aku tak menyangka kalau bisa bertemu dengan para backpacker, yang tentunya pengalamannya tentang trekking sangat banyak sudah dibandingkan dengan aku yang hanya backpackeran lewat internet. Mereka benar-benar backpacker dalam dunia nyata bukan seperti ku. Aku tahu banyak tentang negara-negara asing hanya melalu internet.

Dan alangkah gembiranya aku, ketika aku melihat siapa bintang tamunya selain Mbak Elok. Ternyata Agustinus Wibowo, yang tulisan-tulisannya banyak aku baca di internet. Bahkan ketika aku browsing artikel tentang Nepal, justru tulisan Agustinus Wibowo lah yang pertama kali kukenal dan kusave. Begitu bertemu, aku langsung saja ngomong kalau tulisannya sangat kusuka. Wah,…memang agak norak juga, tetapi aku memang mengucapkannya dengan tulus dan senang hati.

Apalagi setelah sempet ngobrol dengannya. Wah…serasa mendapat satu kehormatan luar biasa. Aku jadi banyak tahu tentang dunia backpackeran itu seperti apa. Yang ternyata tak hanya melulu tentang jalan-jalan, bahkan lebih dari itu. Backpacker mengajari kita banyak bersyukur akan karunia Tuhan yang sangat luar biasa. Mengajarkan kita banyak manfaat dari berbuat baik dan ikhlas antara sesama, disamping mengajarkan kita sikap toleransi dan rendah hati.

Mbak Elok maupun Mas Agustinus, keduanya telah menuangkan kisah perjalanannya ke dalam buku-buku yang telah diterbitkan. Selimut Debu dan Garis Batas adalah novel Agustinus Wibowo tentang perjalanannya ke negara-negara yang berakhiran AN. Afghanistan, Kazakistan, Usbechkistan, dll.

Berkenalan dengan mereka sungguh luar biasa. Tak kuduga kalau aku bisa bertemu langsung dengan orang-orang yang selama ini hanya kukenal melalui dunia maya, hanya melalui tulisan-tulisannya yang banyak sekali berpengaruh terhadap tulisanku. Paling tidak kontribusinya sangat besar ketika aku sedang menyelesaikan novelku yang pertama tentang Nepal, Negara yang sama sekali belum pernah kukunjungi dan hanya kukenal lewat dunia maya.

Dengan berkenalan mereka juga lah aku bisa semakin membuka diri bahwa ternyata di belahan dunia sana sangat banyak hal menarik dan membuat kita bersyukur bahwa negara kita sebenarnya juga kaya akan budaya, alam, dan seni.

Tinggalkan Balasan

