NEPAL : NEGERI IMPIAN 4 EVEREST, 8848m

Tertinggi di dunia? Ya, sepuluh puncak tertinggi di dunia, delapan di antaranya ada di Nepal. Di antaranya adalah Annapura, Daulaghiri, dan Everest lah yang paling tinggi. Ada juga Kanchengjua di Pakistan. Puncak-puncak yang maha mempesona sekaligus maha dahsyat untuk ditaklukkan.
Akan tetapi Everest yang sekarang berbeda dengan yang dulu. Dulu, kita bisa menikmati keindahan alamnya yang luar biasa. Ketinggian dan keangkuhannya membuat para pendaki di seluruh dunia penasaran dibuatnya. Gelisah oleh keangkuhannya yang menantang. Dan, beramai-ramailah mereka mencoba mendakinya, dengan segala cara. Di antaranya adalah dengan dibantu oleh para sherpa. Sherpa yang luar biasa.
Salju putih abadi diselingi warna merah rodhodendron sangat sayang untuk dilewatkan.
Di beberapa tempat di Everest, banyak kita temukan botol-botol minuman plastik maupun kemasan plastik dari makanan cepat saji bertebaran. Ini merupakan pencemaran lingkungan yang seharusnya dapat kita hindari. Mereka, para pendaki, naik gunung dengan berbekal minuman ini. Akan tetapi, begitu botol minuman mereka kosong, mereka membuangnya begitu saja. Lalu, siapa yang mau membawanya kembali turun? Masalahnya, apakah mereka mau membawa kembali botol kosong itu?
Yang ada adalah, mereka membuangnya ke jurang2 yang ada di dekat mereka serta membiarkannya bertahun-tahun teronggok di situ tanpa seorang pun mau membuangnya. Dan sampah itu, dari tahun ke tahun bukan malah berkurang, akan tetapi makin bertambah banyak dan menggunung. Gunung yang seharusnya hijau dengan salju putih abadinya menjadi tercemar. Ironis…
Kondisi itu menambah satu lagi pemandangan gunung baru, bukan gunung Everest dengan segala kemewahannya, tetapi gunung plastik yang tak mungkin bisa hancur seumur hidup. Abadi.
Seharusnya mereka dan kita semua sadar akan hal itu. Ikut menikmati keindahannya tetapi juga harus ikut juga melestarikan semua itu. Siapa lagi kalau bukan kita siapa lagi????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s