KREATIVITAS ANAK BANGSA JUGA OKE.. (Anik Damogalad)

Siapa bilang Indonesia hanya terkenal karena peringkat yang serba buruk? Dari soal bajak-membajak suatu produk sampai soal korupsi, Indonesia memang masuk peringkat atas. Jagonya kata orang-orang itu.

Sebenarnya Indonesia itu banyak menyimpan generasi-2 yang pinter2. Bukan pinter yang negatif. Yang dimaksud di sini adalah jagoan-jagoan yang handal juga. Coba lihat, di ajang olimpiade sain tingkat internasional, Indonesia selalu menampilkan jawara-jawara handal. Pantaslah kita berbangga hati bahwa sebenarnya kita termasuk bangsa yang pantas diperhitungkan juga. Kita bisa mengalahkan bangsa2 lain yang konon katanya lebih maju. Nah….

Sebenarnya banyak yang bisa kita unjuk gigikan kepada bangsa luar sehingga kita mendapat nilai plus dan nilai jual di mata bangsa lain, bahkan di seluruh dunia. Untuk urusan jual- menjual ini, kayaknya pasar yang paling menjanjikan adalah dunia kreativitas. Dunia kreativitas adalah dunia tanpa batas. Tak ada batasan atau norma2 yang mengatur dan membatasi ruang gerak yang satu ini.

Lihatlah begitu banyak hasil karya anak2 bangsa yang oke dan boleh dibilang hebat yang bisa kita jual di negara lain. Ya….buah dari kreativitas mereka yang berakar lokal tetapi bercita rasa internasional.

Masih ingat JOGGER, outlet yang menjual kaos, yang hanya ada satu2nya di BALI, dan tidak membuka cabang di mana pun. yang terkenal dengan pabrik kata-katanya yang nyleneh itu. Siapa sangka kata-kata yang dijungkir- balikkan serta diputar- balikkan itu menjadi sangat terkenal. Itu bukti bahwa dunia kreativitas bisa melampaui batas.

Tidak puas dengan kata-kata? Nah….sekarang ada JANGKRIK, yang juga berlokasi di Bali. Sama dengan Jogger, tetapi Jangkrik bukan menggunakan kata2 sebagai andalannya tetapi ia lebih fokus pada gambar2 kartun atau karikatur.

Masih di bidang fashion, ada batik, yang dikondangkan oleh desainer Iwan Tirta. Batik yang asli milik bangsa Indonesia ini bisa menjadi adibusana yang bergengsi di ajang internasional. Dan jangan heran jika banyak anak muda Bandung yang sukses menciptakan sesuatu yang berbeda. Yah….dengan kreativitasnya yang terus mengalir mereka mampu mencetak uang milyaran lewat distro2 nya.

Jika kita datang ke Bali ada lagi hasil karya anak negeri yaitu Garuda wisnu kencana, (GWK) di bukit Jimbaran. Patung yang nantinya diklaim sebagai patung tertinggi di dunia yang konon tingginya melebihi patung Liberty di negeri Paman Sam itu telah menjadi magnit buat wisatawan manca Negara juga untuk terus dating mengunjungi Bali. Apalagi jika GWK sudah jadi (maksudnya semua fasilitas penunjangnya sudah lengkap seperti hotel dan mall), dimungkinkan seorang turis akan tinggal di Bali minimal 4 hari di sana. Wow….tentunya akan menambah pendapatan devisa negara.

Di bidang cita rasa lidah, ada kopi toraja yang sekilonya dijual dengan harga 500 ribu rupiah. Kopi ini adalah pemasok dari kopi starbuck yang beken itu. Kopi lokal denga harga berlipat ganda karena dikemas dengan sentuhan kreativitas dan berselera tinggi. Itu membuktikan bahwa produk lokal tidak kalah. Belum lagi soal bisnis makanan yang juga melibatkan kreativitas anak muda negeri ini. Es teller 77 dan mie tek-tek, yang juga kesohor di negara lain. Ini hanya sebagian kecil dari contoh kreativitas yang layak jual.

Jangan lagi kita mengeluh ini, itu. Karena sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan untuk bangsa ini. Memang sih, untuk urusan popularitas, kita memang kalah dibanding luar negeri. Tetapi dari segi kreativitas, sangat banyak yang bisa kita lakukan sehingga popularitas pun akan spontan terangkat juga.

Tuhan menganugerahi kita alam yang indah dan luar biasa dengan hunian di dalamnya yang sangat beragam. Itu menunjukkan kita harus bisa berkreasi untuk mewujudkan bentuk yang lain dari yang sudah ada sebelumnya. Jika itu dapat kita wujudkan, alangkah bangganya bahwa kita mampu berkreasi dan menghasilkan sesuatu yang membuat bangsa ini sangat bermartabat di mata dunia.

2 thoughts on “KREATIVITAS ANAK BANGSA JUGA OKE.. (Anik Damogalad)

  1. the child of indonesian can make a unique ceativity … jadi kita gak boleh ngeremehin kreasi anak indonesia … so … common we was grow that creativity …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s