KOMPETITOR, PERLUKAH ITU? (Anik Damogalad)

Dalam dunia kerja apa pun dan di mana pun kita berada dalam suatu lembaga atau konstitusi, yang namanya kompetisi itu pasti ada. Kompetisi atau persaingan sebenarnya atau bahkan diperlukan dalam diri kita untuk memacu kinerja kita.

Siapa kompetitor kita itu? Kompetitor adalah orang atau lembaga yang menjadi saingan kita yang mungkin di balik itu mereka mempunyai niat yang sama seperti kita. Nah, kompetitor itu jangan kita jadikan saingan, musuh, atau bahkan lawan kita dalam bekerja. Justru kita akan berusaha bagaimana untuk bisa bersaing dan menaklukan mereka dengan jalan bukan menjadikannya sebagai ancaman, tetapi justru menjadikannya sebagai spirit kita yang membuat kita untuk bisa lebih maju sehingga kesuksesan akan menjadikan kita tambah besar lagi.

Bagaimana menghadapi kompetitor kita? Yang harus kita lakukan adalah mengenali karakter mereka. Juga apa saja yang menjadi sepak terjangnya. Kita jangan takut menjadi tersaingi, justru jika kita melihat apa yang menjadi kelebihan dari kompetitor dan kita bisa mempelajarinya, itu satu kesempatan untuk mengetahui apa yang menjadi andalannya dan apa yang tidak ia miliki. Sehingga kita bisa membandingkan apa yang kita miliki untuk kemudian mengeksplorasi semua yang kita miliki. Mungkin hal itu tidak dimiliki oleh mereka. Itu menjadikan nilai lebih bagi kita.

Jadi kelebihan lawan harus kita jadikan sebagai suatu tantangan yang positif, bukan malah menghambat atau menjadikan kita patah semangat. Jadikan kompetitor itu sebagai kawan juga, bahkan bisa menjadi guru juga buat kita. Jadi jangan sekali-kali membencinya atau menganggapnya remeh.

Menghadapi kompetitor juga harus bijaksana. Maksudnya jangan juga kita merendahkan kemampuan dan keberadaan mereka. Mereka juga sama dengan kita, manusia yang punya perasaan dan emosi. Mereka juga berusaha untuk mewujudkan dan memiliki sesuatu, sama seperti kita.
Dengan merendahkan mereka, kita akan terihat seperti tidak punya nyali dan terkesan seperti anak kecil yang ketakutan.

Dengan mengetahui saingan kita, kita akan menjadi semakin memperkuat kelebihan yang kita miliki. Kelebihan itu lah yang menjadi nilai plus kita dan harus kita pertahankan. Dengan memahami keberadaan kompetitor atau saingan kita, kita akan bisa melakukan manuver-manuver khusus yang tentu saja berbeda dengan rival kita.
Sehingga apa pun bentuknya, kita tetap menjadi yang terbaik di antara lainnya.

Itulah daya tarik yang bisa kita jadikan power untuk berbeda dengan yang lain.

2 thoughts on “KOMPETITOR, PERLUKAH ITU? (Anik Damogalad)

    • itu namanya tidak sportif. seharusnya kompetitor jika merasa tersaingi justru harus introspeksi diri lalu mencoba berkreasi lebih baik lagi. begitu juga kita, menghadapi kompetitor yang curang harus membuat kita semakin lebih kreatif. kreatifitas kita itulah yang membuat kita memiliki kelebihan dan membuat kita berbeda. jadi kreatif yg positif bukan menjatuhkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s