BAGAIMANA MEREKA BEKERJA? MEREKA BEKERJA DENGAN HATI, DENGAN CINTA (Anik Damogalad)

Bagaimana orang-orang sukses (secara materi atau kaya) bekerja? Padahal dari segi finansial mereka sudah cukup dan tidak kekurangan. Ternyata mereka bekerja bukan untuk mencari uang semata. Mereka mengisi waktu untuk bekerja karena mereka sadar dengan bekerja hidupnya menjadi semakin berarti. Mereka bekerja dengan cinta karena bekerja dengan cinta itu membuat bekerja itu bukan sebagai beban karena bekerja adalah fitrah manusia di dunia ini. Kita dapat mengumpamakan bekerja itu seperti ikan dengan air. Ikan tidak dapat hidup tanpa air. Kita juga sama, tidak dapat hidup tanpa kerja. Jadi antara air dengan ikan itu sehati, sejiwa, serta seirama.
Banyak yang kita bisa pelajari dari sikap orang kaya terhadap bekerja. Kita tahu bahwa mereka kaya dengan banyak cara. Ada yang karena mereka mendapatkan itu semua dari warisan leluhur, sebagian yang lain memang berasal dari usaha dan kerja keras mereka sendiri. Jadi murni mereka kaya karena kerja keras. Nah, yang saya maksud di sini adalah kekayaan yang didapat dari kerja keras.
Karena, apa pun bentuk kekayaan mereka, yang kita lihat, sikap mereka tetap sama, yaitu mereka tetap semangat bekerja, tidak bermalas-malasan, menghabiskan uang gak jelas, membuang kekayaan warisan, justru mereka akan berusaha bagaimana memelihara kekayaan mereka agar tidak habis. Nah, itu semua karena mental mereka memang berbeda dengan orang kebanyakan.
Mereka menyadari bahwa kekayaan yang mereka punyai itu wajib dipertahankan, bukan sebaliknya….dibiarkan sia-sia. Pada dasarnya orang tua mereka sudah memberikan pengertian sejak awal, bahkan dari kecil, bahwa mereka harus bekerja keras seperti orang tuanya, karena mereka juga menginginkan anak-anaknya pun dapat mewarisi kerja keras seperti ayah ibunya juga. Mereka menjelaskan bahwa harta yang dipunyai itu diperoleh memang dari perjuangan yang tidak mudah.
Ada hal lain yang mungkin kadang tak terpikirkan oleh kita. Mereka bekerja itu tidak serba terpaksa, tetapi mereka bekerja dengan hati. Bekerja buat mereka adalah hidup seperti halnya mereka bernapas. Setiap helaan napas, selalu ia maknai dengan bersyukur serta kerja keras. Ini juga yang membedakan antara orang biasa dengan orang sukses. Mampukah kita untuk seperti mereka? Jika kita mau, kenapa tidak?
Sadarkah kita, apabila kita bekerja dengan hati dan tidak ada keterpaksaan dalam menjalani hidup, kita akan bekerja keras tanpa letih. Karena semua kita lakukan dengan penuh cinta. Tanpa paksaan. Yang lebih penting lagi adalah dengan rasa ikhlas.
Jika sesuatu kita laksanakan dengan ikhlas maka secara otomatis akan bekerja dengan maksimal. Bekerja itu bukan semata-mata karena uang. Itu yang orang kaya lakukan. Bagaimana mereka menggunakan waktu dengan maksimal, bekerja dengan penuh cinta, dan selalu bersyukur bahwa Tuhan masih memberikan hidup untuk mengisinya dengan kegiatan yang positif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s