BAGAIMANA MENCIPTAKAN WAKTU LUANG (Anik Damogalad)

Waktu adalah uang. Begitu bunyi kata-kata bijak yang sering kita dengar. adalah pedang. Wah, bukan main. Itu berarti jika kita membuang waktu sama saja dengan kita membuang uang yang telah kita cari dengan susah payah.

Sedangkan pepatah yang satunya lagi, mengatakan bahwa waktu adalah pedang, itu artinya jika kita tidak menggunakan pedang itu dengan tepat, kita akan terbunuh oleh lawan kita yang tentu saja tak kalah ngerinya. Bukankah begitu?.
Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan waktu kita sebaik dan sebijaksana mungkin. Bukan kita yang dikendalikan oleh sang waktu, tetapi kita harus bisa membaliknya dengan kita yang harus bisa memanajemen waktu itu sebaik mungkin.

Ingat. Tuhan memberikan waktu dengan jumlah yang sama untuk semua orang, akan tetapi mengapa ada orang yang berhasil dan ada orang yang gagal dalam hidupnya? Ya, itu karena seseorang itu yang tidak bisa menggunakan waktunya seefektif mungkin.

Kuncinya adalah bagaimana kita menggunakan waktu yang hanya diciptakan oleh Tuhan yang hanya 24 jam itu. Bagaimana strategi agar semuanya itu efektif?
Banyak yang bisa kita lakukan untuk menciptakan bagaimana waktu yang singkat itu menjadi waktu yang sangat berharga. Sehingga bukan terkesan menghambur-hamburkan waktu itu.

Buat planning yang jelas
Untuk bisa membuat sang waktu itu berharga, kita dapat membuat planning tentang apa yang harus kita lakukan setiap hari. Planning itu bisa berupa planning jangka pendek maupun jangka panjang. Planning jangka pendek misalnya, berupa hal-hal kecil yang bisa kita capai dalam waktu satu minggu, bulan, atau bahkan satu hari.

Banyak hal kecil yang bisa kita capai dalam satu hari. Tidak perlu muluk-muluk, misalnya membereskan lemari untuk memilah baju-baju yang sudah tidak terpakai lagi, itu sudah merupakan hal yang sangat luar biasa. Atau merawat tanaman yang di hari-hari biasa tidak mungkin kita rawat karena kita terlalu sibuk. Dan banyak hal lain lagi yang begitu menarik untuk kita lakukan.

Kita pun dapat membuat planning jangka panjang untuk pekerjaan kita. Paling tidak kita punya target yang jelas untuk mencapai keberhasilan sendiri. Karena hanya kita yang tahu semua apa yang ingin kita raih.

Misalnya, satu tahun lagi kita harus memiliki apa, tiga tahun lagi kita mempunyai apa, bahkan sepuluh tahun lagi kita akan bagaimana. Planning semacam itu sangat membantu kita dalam mencapai sesuatu.

Jangan keluar dari rencana semula

Planning dapat membuat semua apa yang kita lakukan menjadi terarah. Untuk itu fokuskan segala sesuatu berdasarkan rencana awal. Paling tidak kita tidak akan keluar dari jalur rel planing yang sudah kita buat. Artinya, itu rambu-rambu kita agar kita tetap konsisten terhadap semua yang harus kita capai.

Tentukan prioritas

Kita harus mempunyai skala prioritas di setiap tujuan kita, sekecil apa pun itu. Tentukan dulu hal mana yang kita anggap paling penting. Misalnya, satu hari ini tugas A harus selesai, minggu depan bisa santai, tahun depan bisa ke Bali, dua tahun lagi kebeli rumah, dan seterusnya.

Dengan selalu mendahulukan sesuatu sesuai skala prioritas atau hal yang dianggap paling penting dan harus didahulukan, maka semua akan berjalan sesuai dengan apa yang kita targetkan. Sehingga apa yang kita lakukan akan terkontrol.

Istirahat bila lelah

Kadang kita merasa lelah akan apa yang kita lakukan. Kita bosan dengan rutinitas yang kadang gak jelas dan terasa membosankan. Serasa kapan kita mendapatkan apa yang kita impikan lama sekali kita capai. Nah, kalau kita merasa lelah untuk mengerjakannya, lelah untuk mencapainya, itu artinya kita perlu beristirahat. Segera hentikan pekerjaan kita, karena semua itu akan sia-sia. Artinya kita akan capek sendiri karena fisik kita lelah melakukan pekerjaan itu. So, segera hentikan aktivitas kita. Jangan biarkan energy kita percuma terbuang tanpa hasil.

Tanggung jawab terhadap pilihan

Ingat pepatah mengatakan, apapun makanannya, minumnya……Itu artinya, kita harus punya komitmen jelas bahwa apa pun risiko dari pekerjaan kita, kita tetap harus melakukan dengan baik serta yang terbaik. Jika kita sudah memilih dan menekuni suatu pekerjaan, maka seharusnya kita tetap konsisten dengan apa yang kita pilih. Tidak ada lagi kata malas atau pun enggan untuk menghindari pekerjaan tersebut. Tetapkan hati dan terus tetap berkarya dalam pekerjaan yang sudah kita pilih. Jika hal itu kita lakukan, maka waktu yang Tuhan sediakan untuk kita akan kita gunakan sebaik mungkin. Kita tidak akan menyia-nyiakan lagi. Tidak ada lagi waktu terbuang percuma. Sehingga kita akan mengisinya dengan sesuatu yang bermanfaat bukan hanya untuk kita pribadi tetapi juga untuk orang lain. Semoga……

3 thoughts on “BAGAIMANA MENCIPTAKAN WAKTU LUANG (Anik Damogalad)

    • planning adalah perencanaan. sedangkan cita-cita itu adalah tujuan atau keinginan. untuk mewujudkan cita-cita atau tujuan, diperlukan perencanaan yang matang. perencanaan itulah yang membantu dan memandu kita dalam mewujudkan cita-cita. perencanaan saja tidak cukup jika tidak diikuti oleh tindakan yang nyata. dengan kata lain, keinginan dapat terwujud atau terealisasi jika dilakukan dengan serius.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s