KESTABILAN DALAM DIRI(by Anik Damogalad)

Ujian nasional makin dekat. Waktu  pun makin sering merambat. Sering tidak kita sadari kalau detik-detik itu terasa makin menakutkan kita.  Tetapi semua itu sebenarnya dapat kita siasati dengan memahami apa yang sebenarnya harus kita lakukan dan kita hadapi. Mudah kok….ternyata kuncinya adalah kita mesti bisa menjaga kestabilan dalam diri kita. Nah….stabil apa saja yang mesti diperhatikan?

 

  1. Stabil belajar

Artinya, dalam kondisi apa pun kita tetap harus belajar. Itu nggak bisa ditawar lagi. Apa pun alasan yang kamu kemukakan, tetap nggak bisa diterima. Harus.

 

  1. Stabil emosi

Yang dimaksud emosi di sini adalah rasa marah kita, sedih, benci, kesel, de- el-el, yang semuanya itu membuat kita makin tertekan. Trus, baiknya gimana? Ya, hilangkan semua itu, minimal kita mesti bisa mengendalikan diri dari semua perasaan yang nggak kita kehendaki. Terutama perasaan buruk yang ujung-ujungnya hanya akan meracuni diri sendiri.

 

  1. Stabil sehat

Nah, yang ini mesti kita perhatikan baik-baik. Kesehatan itu nomor satu. Bayangkan jika badan kita sakit alias nggak sehat.Gimana mau belajar? Semua pelajaran apa pun nggak akan bisa masuk di otak kalau fisik kita ambruk. Tidak hanya sehat body aja, tapi sehat segi psikis atau jiwa juga nggak kalah pentingnya. Ingat pepatah mengatakan bahwa “Dalam Tubuh yang sehat Terdapat Jiwa yang Sehat” juga. Jadi dua-duanya sangat penting…..

 

  1. Stabil semangat

Yang ini juga nggak kalah pentingnya. Kalau nggak kita jaga layaknya api, maka si semangat tadi akan padam juga. Wah, kalau udah gitu, bisa gawat. Kita bawaannya males mulu. Trus, kapan majunya…..? Gak bakalan deh ya….

 

  1. Stabil doa

Wah…kalau sampai nggak pernah berdoa, kebangetan banget tuh ya…..Percaya nggak, bahwa kekuatan doa itu melebihi segalanya. Belajar udah, usaha udah….semangat udah, tapi kalau nggak pernah berdoa sama sekali…wah!!!

 

Jadi, Sobat…mulai sekarang juga, kita jaga kestabilan diri kita. So, kita akan bisa meraih apa yang kita inginkan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s