MULAILAH DARI DIRI SENDIRI ( by Anik Damogalad)

Jangan dulu memberi nasihat pada orang lain, apalagi menyuruh orang lain untuk berbuat sesuatu sesuai dengan  yang kita inginkan. Mustahil itu terjadi. Lalu?…….Jika kita menginginkan orang lain utnuk melakukan hal yang sesuai dengan keinginan kita, kita harus memulainya dari diri sendiri.

 

Sangat tidak mungkin jika kita menghendaki orang lain berubah tetapi kita snediri tidak mau berubah. Yang ada malah kita ditertawakan orang lain. Bisanya nyuruh doangan….gitu.

 

Jadi Bagaimana? Ya….mulailah dari diri sendiri dulu, baru ke orang lain.  Contoh sederhana yang sering kita lakukan adalah kalau kita membuang sampah harus pada tempatnya, alias ke tempat sampah. Jika kita tidak melakukan hal tersebut, dengan sembarangan kita membuang sampah di sembarang tempat, wah……jika hal itu diketahui oleh orang lain, misalnya anak kita di rumah, atau siswa kita di sekolah, itu akan menjadi bumerang bagi kita.

 

Artinya, ketika kita menyuruh mereka untuk membuang sampah, mereka menjadi tidak lagi peduli, karena….yang nyuruh aja nggak mau buang sampah, malah nyuruh orang lain. Nah lho……….kita menjadi malu oleh diri kita sendiri. Nggak mau kan….kalau kita dipermalukan di depan orang banyak.  Tentu saja.

 

Memulai hal yang baik dari diri sendiri sangatlah mutlak. Tidak usah hal yang besar-besar atau hal yang sifatnya sulit. Mulailah dari hal yang paling sederhana dahulu. Jika semua hal kecil telah kita lakukan maka untuk ke hal yang sulit kita akan mudah untuk melakukannya.

 

Tahukah kita, bahwa sebenarnya tidak ada hal yang besar yang bisa kita lakukan, yang ada adalah kumpulan dari hal-hal kecil yang telah mampu kita selesaikan.

 

Jadi semua itu berawal dan bermuara dari diri kita sendiri dahulu, bukan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s