INTROSPEKSI DIRI, BUAT APA??? (by Anik Damogalad)

Hal sepele, tapi akan sangat fatal akibatnya jika kita salah dalam menerapkan. Selama ini jarang ada yang menyadari bahwa hal yang satu itu memang sangat penting. Sepenting merawat diri sendiri barangkali.

 

Seperti kita ketahui bahwa introspeksi diri sangat diperlukan untuk beberapa hal, antara lain:

 

Memperbaiki kesalahan masa lalu

Semua manusia, siapa pun juga pasti mempunyai masa lalu. Masa lalu itu bisa dalam bentuk aneka  macam antara lain, masa lalu yang mengesankan atau baik dan masa lalu yang buruk, yang tentu saja harus kita hilangkan sehingga tidak akan membekas. Dengan introspeksi diri maka kesalahan masa lalu tidak akan kita ulangi lagi.

 

Membangkitkan kekuatan diri

Percaya diri untuk mengembangkan nilai positif kita Percayalah bahwa setiap individu itu dilahirkan dengan keunikan dan kekhasan masing-masing. Akan tetapi sangat jarang orang mau mengerti tentang semua ini. Orang akan cenderung menilai dan berpikiran bahwa ia tidak memiliki apa-apa, bahkan ia terlalu lemah untuk melakukan sesuatu.

 

Hal tersebut tidak boleh dibiarkan terus-menerus, karena sesungguhnya ia harus sadar dan bangkit bahwa ia pun memiliki kekuatan yang sama untuk meraih sesuatu.

 

Memotivasi diri untuk lebih baik

Jika sudah tahu kalau kita punya salah atau kelemahan maka, dengan introspeksi diri, melihat apa kekurangan kita, kelebihan yang kita miliki, kita akan bias memotivasi diri kita. Nah, jika motivasi sudah tumbuh dalam diri, pasti segala sesuatunya akan mudah kita jalani.

 

Bikin percaya diri

Nah, jika hasil introspeksi kita bagus, bukan tidak mungkin itu menjadikan kita makin percaya diri. Percaya diri bahwa ternyata kita punya kelebihan juga. Sama seperti yang lain. Jadi, tidak ada lagi istilah kita rendah diri. Rendah hati sih…harus. Tapi rendah diri……jangan sampai deh. / Anik

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s