NGINTIP KEBIASAAN BERTAHUN BARU DI NEGARA LAIN YUK by Anik Damogalad

Tradisi tertua dan termeriah yang dirayakan orang seluruh dunia adalah menyambut tahun baru. Banyak orang rela nggak tidur semaleman cuman untuk nyaksiin gantinya sang tahun. Ada yang saling tuker hadiah bahkan banyak juga yang membuat janji-janji. Perayaan ini sudah ada sejak abad 16…dah lama ya…..

 

Gimana ya, kebiasaan ngerayain tahun baru di negara-negara lain? Boleh dong kita tahu…..

.
Orang Amerika merayakan tahun baru dengan pergi ke gereja, menyelenggarakan pesta dan mengunjungi tempat pertunjukan. Tahun baru , 1 Januari diisi dengan pawai Rose Bowl di Pasadena, California, yang dapat pula disaksikan di seluruh dunia melalui pesawat televisi. Bangsa Austria
percaya, jika kita menyentuh seekor babi di malam tahun baru, keberuntungan akan tiba di tahun yang akan datang. Wah gak janji deh ….

Tahun baru orang Cina , disebut tahun baru Imlek, jatuh antara tanggal 21 Januari dan 19 Pebruari. Orang-orang Cina di seluruh dunia merayakan tahun baru dengan berdoa pada dewa dan arwah nenek moyang . Reuni dan makan malam keluarga diadakan pada malam tahun baru , agar seluruh anggota keluarga tetap bersatu dan tetap saling mengenal satu sama lain. Pada keesokan hari, semua orang , dengan berpakaian baru, mengucapkan “Gong Xi Fa Cai”, memberi hormat pada orang yang lebih tua dan membagikan amplop merah berisikan uang “ang pao”, yang berarti keberuntungan, terutama pada yang lebih muda. Ada pawai naga, kembang api. Rumah dibersihin dan dihiasi dengan bunga persik warna merah muda. Tamu-tamu disuguhi kue keranjang yang lengket. Katanya sih…untuk mencegah kita ngomong yang jelek-jelek…Jadi mulutnya kan rapet kena lem. Wah ada-ada aja yah….


Orang
Ethiopia
memperingati tahun baru pada bulan September. Orang dewasa dan anak-anak laki-laki, mengumpulkan ranting-ranting kayu, membuat obor, menerobos desa, berhenti di setiap rumah menyanyikan lagu selamat Tahun Baru. Sedangkan gadis-gadis kecil membuat karangan bunga. Sambil mengenakan pakaian indah, gadis-gadis tersebut membawa karangan bunga dari rumah ke rumah sambil menyanyikan lagu tahun baru yang penuh harapan.

Di suatu desa kecil di Inggris, penduduk menari diiringi permainan musik, mengelilingi api unggun, hingga api padam. Itu cara mereka mengatakan “Selamat Jalan Tahun Lama, Selamat Datang Tahun Baru”. Anggur diminum bersama teman untuk kesehatan yang baik. Para suami memberi uang buat para istri untuk membeli peniti selama setahun. Ini sebagai lambang sejumlah uang kecil yang dihabiskan untuk hal-hal kecil.

Iran memperingati tahun baru pada tanggal 21 Maret. Selama 2 minggu sebelum hari raya, para pemusik dan penari menampilkan pertunjukan di tiap jalan kota. Pada hari Rabu sebelum tahun baru tiba, setiap keluarga membuat api unggun kecil di depan rumah. Jika mampu melompati api unggun tersebut, itu suatu pertanda akan datangnya keberuntungan di tahun akan datang.

Di Italia, anak-anak mengenakan pakaian beraneka warna dan pergi dari satu rumah ke rumah lain sambil meminta kembang gula dan kueh. Daun-daun “mistletoe” digantung di pintu masuk sebagai lambang keberuntungan.

 

Masih di Italia juga, Di Naples, ada suatu kebiasaan untuk melemparkan barang-barang yang sudah usang atau tidak terpakai lagi ke luar jendela tepat pada pukul 24:00 di tanggal 31 Desember. Nah, bila kita berjalan-jalan di Naples pada tanggal 1 Januari, jangan heran apabila banyak peralatan dapur, lemari es dan barang-barang rongsokan lainnya tersebar di jalanan.

 

Di Jepang tahun baru dirayain selama satu minggu. Rumah-rumah dihias dengan rangkaian cabang cemara, dahan aprikot Jepang dan tunas bambu yang merupakan lambang kehidupan sehat dan panjang umur. Anyaman jerami yang dihias dengan kertas putih, bergantungan di atas pintu untuk mengusir roh jahat. Layang-layang dalam bentuk kupu-kupu , ikan dan capung memenuhi angkasa, dinaikkan ramai-ramai oleh anak-anak Jepang secara berkelompok .

Orang -orang Jerman pada malam tahun baru berkumpul untuk melihat masa depan melalui sebuah tabung besar berisikan air dingin yang diletakkan di tengah ruangan. Bikin ramalan kali ya… Bentuk yang terlihat melalui tuangan timah hitam cair panas ke dalam tabung tersebut, akan memperlihatkan masa depan macam apa yang akan terjadi di masa datang. Tapi di beberapa bagian di Jerman, anak-anak memberikan hadiah pada guru mereka.

Orang Mesir, memperingati tahun baru di pertengahan bulan Juni, ketika sungai Nil membanjiri tepi sungai, mengairi tanaman yang kekeringan. Peristiwa ini menandai tersedianya banyak makanan untuk tahun berikut, sehingga dijadikan peringatan tahun baru.

Bangsa Persia kuno saling memberikan telor sebagai hadiah  Wah, sederhana banget…..

Bangsa Romawi kuno memulai tahun barunya pada tanggal 1 Maret, saling mengirimkan kenang-kenangan berupa koin kecil dicelup di emas, melambangkan keberuntungan. Setiap warga negara diharapkan untuk memberi hadiah pada kaisar.

Di Skotlandia, Inggris dan Jerman, injakan pertama dari seseorang berambut gelap dan membawa hadiah ke rumah mereka, akan membawa keberuntungan pada keluarga.

 

 

Brazil: Lemanja, adalah dewa laut yang terkenal dalam legenda negara ini.  Tangah malam tgl 1 orang Brazil memakai baju putih dan berbondong2 ke pantai, naburin bunga, ngubur mangga, papaya, dan semangka sebagai tanda penghormatan terhadap dewa.


Nah…..kalo di negara kita,
Indonesia, gimana Sobat….Wah….biasa banget tuh…menuh-menuhin jalan dengan tujuan gak jelas. Coba punya punya kebiasaan yang jelas….kan bagus…..bisa dijual lagi ke wisatawan asing hehehehehehe…

By Zoga….(dari berbagai sumber)


2 thoughts on “NGINTIP KEBIASAAN BERTAHUN BARU DI NEGARA LAIN YUK by Anik Damogalad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s