NYIAPIN MENTAL UNTUK IKUT UN, PERLU BANGET TUH…(ANIK)

Siapa sih yang nggak gelisah mikirin UN?

UN atau Ujian Nasional bener-bener menjadi monster yang menakutkan di para pemilik putih abu-abu. Termasuk SOBAT juga tentunya. Jangan kuatir SOBAT, yang deg-degan bukan hanya SOBAT kelas XII aja, guru pun lebih deg-degan lagi. Gitu pula ortu Sobat. POkoknya kita deg-degannya massal. Yo…..

 

Dan walaupun UN sampai sekarang masih menjadi kontroversi antara banyak pihak, siswa yang terus kuatir, guru yang harus kerja keras, dan orang tua yang menuntut anaknya harus lulus, UN tetap berjalan. Itulah Sobat, yang namanya kebijakan.

 

Tapi SOBAT, ternyata kuatir dan takut saja nggak cukup. Banyak hal yang mesti kita siapin dari sekarang. Ya…satu setengah bulan lagi saat itu datang. Kita tidak lagi menghitung hari (lagunya Krisdayanti, kaleee), tetapi menghitung jam. Detik-detik itu akan menghampiri kita, cepat atau lambat.

 

SOBAT DJ, jika kita masih punya rasa takut itu bagus. Itu artinya Sobat sadar untuk berubah. Nah kalau nggak ada rasa takut sama sekali, itu yang gawat dan nggak bisa ditoleransi. Itu sama dengan kita bunuh diri dong…. Tapi apapun Sobat, kita nggak perlu ketakutan yang berlebihan. Karena kunci dari semua itu adalah mental kita. Sekarang gimana caranya agar mental kita siap menghadapi UN yang tinggal beberapa hari lagi.

 

Sadar diri sendiri

Yang paling duluan kita lakuin adalah menyadari siapa kita sebenarnya. Maksudnya Sobat, kita harus tahu apa kelebihan dan kekurangan kita selama ini. Yang udah lebih dan positif kita pertahankan, sedangkan yang negatif dan salah harus segera disingkirkan.  Tentu saja segala kelebihan yang kita punyai kita maksimalkan. Misalnya, kalo selama ini Sobat nggak suka sama makhluk yang namanya matematika, mulai sekarang para Sobat mesti mulai menyukai. Walaupun terasa berat, yakinlah bahwa lama kelamaan akan tumbuh cinta juga. Kan pepatah mengatakan Tak Kenal maka Tak Sayang. 

 

Siapin diri sebaik mungkin

Yang ini nih, mesti dari sekarang. Kapan lagi? Caranya, harusnya dari awal Sobat naik di kelas XII. Semakin dini Sobat nyiapin diri dalam belajar akan semakin bagus. Jadi belajarnya nggak pake sistem SKS alias Sistem Kebut Semalem..Tapi gak pa-pa deh. Sekarang nggak ada guna kita menyesal. Yang lalu biar aja berlalu. Sekarang gimana kita memanfaatin waktu kita yang tinggal satu setengah bulan ini dengan efektif.

 

 

Singkirkan hambatan

Kalo nuruti acara televisi, wah…bagus-bagus banget tuh! Apalagi saat ini stasiun Teve banyak and menawarkan beragam acara yang sangat menggiurkan. Pokoknya bikin kita nggak pergi dari depan si kotak ajaib itu. Sampai-sampai mau makan atau ke belakang aja kita mesti nungguin iklan dulu. Saking bagusnya tuh acara, kita jadi nggak tega untuk ninggalin dia. Terlalu emang kita itu.

 

Mulai sekarang, semua kegiatan yang nggak penting-penting amat kita tinggalin aja. Buat apa? Kalau hanya menghambat belajar Sobat. Contoh aja, para SOBAT DJ COWOK yang  menggilai bola harus segera hentikan kegilaanmu itu. Bukan kenapa, Sobat nggak boleh terlalu capek lho….Jangan hanya gara-gara main bola sampe capek, Sobat jadi jatuh sakit. Inget kan, ama nasihat Pak Arif, kalau syarat sukses UN yang pertama itu badan kita mesti SEHAT. Nggak ingin kan Sobat ngikut ujian nasionalnya di rumah sakit. Wah…nggak keren amat. Jangan sampe deh ya…

 

Hargai waktu

Waktu adalah uang. Jika kita membuang waktu, itu sama saja dengan kita membuang uang. Sobat bayangin, gimana berharganya uang yang orang tua kita cari dengan susah payah, trus kita dengan enaknya membuang gitu aja. Jadi ayo kita gunain hari-hari menjelang UN ini dengan semangat tinggi. Bukan dengan berleha-leha, bersantai-santai, serta berha-ha hi-hi. Ingat Sobat jangan sampai kita nyesel nantinya karena udah menyia-nyiakan sang waktu. Ibaratnya kalau nonton teve atau main-main kan bisa entar-entar, tapi kalo ujian nasional….ya jelas nggak bisa  entar Nonton bisa berkali-kali , tapi kalo ujian kan Sobat nggak mau berkali-kali kan? Sekali aja cukup.

 

Trus,  kapan kita mulai belajar? Jam berapa pun Sobat belajar nggak masalah, yang penting setiap hari minimal delapan jam sehari kita harus belajar. Karena nggak ada waktu kapan yang paling bagus untuk belajar, sebab masing-masing orang punya kebiasaan yang nggak sama. Sobat yang ini biasa belajar jam 7 malam tetapi belum tentu Sobat lainnya bisa belajar jam segitu. Bisa jadi dia belajarnya jam 3 malam

 

habis sholat tahajud. Kenapa 8 jam? Apa nggak kelamaan tuh… Kalo kita berpikir positif, ya enggak lah Sobat. Itu kan untuk membayar utang waktu kita yang selama ini kita sia-siakan. Kan harus dibayar. Ya, tentu saja dengan kerja keras dan sepenuh hati. Harus bisa. Ibaratnya orang lain bisa kenapa kita nggak? Gitu donk…..

 

Percaya diri

Itu satu hal yang penting benget. Bahkan sangat diperlukan  di setiap tindakan kita, apalagi saat menghadapi Ujian Nasional seperti sekarang. Soalnya kalau kita percaya diri, itu akan membuat kita lebih bersemangat. Semangat itulah yang membuat Sobat semua jadi ingin belajar, belajar, dan terus belajar. Percaya nggak Sobat, jika kita percaya diri maka sebenarnya sudah separo kita berhasil. Tinggal yang setengahnya adalah kerja keras. Nah…mulai saat ini kita harus percaya diri.    

 

Lakukan segera, sekarang!

Kalo Cuma ngomong doang , ya  percuma. Makanya para Sobat kudu beraksi dari sekarang. Belajarnya jangan tunggu ntar-ntar. Bisa habis entarnya,  tinggal deh penyesalan, yang tentu saja nggak ada gunanya. Jangan sampe ya…

Trus caranya, pelajarilah bidang studi yang Sobat sukai dulu. Misalnya, Sobat suka pelajaran sosiologi, ya udah, langsung aja ambil buku sosiologi and….belajar. Begitu seterusnya. Sampai akhirnya semua buku Sobat kuasai semua. Gampang kan…???

 

Doa 

Hal yang nggak kalah penting lagi  selain di atas adalah doa. Doa itu dapat memberikan kekuatan besar buat kita. Dengan doa juga lah kita mendapatkan semangat. Karena kita merasa dekat dengan-Nya. Makanya Sobat, jika kita ingin ditolong oleh-Nya, kita harus selalu ingat DIA. Gimana ALLAH mau nolong jika kita nggak pernah mau inget. Caranya, ya dengan rajin sholat. Itu tuh…yang lima waktu jangan di tinggalkan. DIA akan dekat jika kita mendekat.

Selamat menyongsong UN. Semoga sukses menyertai SOBAT semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s