REMAJA DAN AIDS (ANIK ARTIKEL)

SOBAT DJ,

Bulan  ini, tepatnya tanggal  2 Desember seluruh dunia memperingati hari AIDS sedunia. Tidak hanya di Indonesia saja bahkan seluruh dunia memperingatinya dengan berbagai kegiatan. Mulai dari seminar-seminar yang dilakukan oleh para ahli maupun awam (sekolah,red), penyuluhan, sampai  pada uluran tangan para relawan dan pengobatan kepada penderita.

 

Terus, apa dong kaitannya dengan kita sebagai remaja? Wah…banyak tuh, ternyata.

 

           Sobat, kita sebagai kawula remaja pasti tidak aneh lagi dengan yang namanya  AIDS. Dimana-mana orang ramai membahas hal itu. Ya, penyakit yang satu itu memang ngetrend, bahkan keberadaannya dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan banyaknya jumlah penelitian ( baik pencegahan maupun penemuan obat-obatan jenis baru)  yang juga sedang dilakukan oleh para ahli di bidangnya.  

 

Sebenarnya kelompok yang berisiko terkena AIDS itu bukan hanya  golongan tertentu melainkan semua golongan mempunyai kans yang sama. Tergantung bagaimana kita menyikapinya dan lebih utama lagi adalah mengenal perilaku seksual yang salah. 

 

Berarti kelompok remajalah yang paling rentan terhadap AIDS. Bukannya para muda tidak tahu mengenai informasi AIDS yang benar.  Itu lebih banyak disebabkan  mereka memiliki kepribadian yang masih lemah alias belum stabil dalam berpikir dan memandang sesuatu.

 

Yang paling mengerikan Sobat,  menurut hasil survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga, bahwa para remaja di usia 16 sampai 18 tahun (berarti seusia kita-kita yang SMA) sudah pernah melakukan seks bebas. Remaja yang menjadi responden dari penelitian itu  berasal dari kota-kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. LUAR BIASA!!!!   

Dan yang lebih mengejutkan lagi, sebanyak 16 % dari  mereka itu tahu informasi semuanya tentang AIDS  di usia 13 sampai 15 tahun.  Akan tetapi jangan khawatir juga, karena  masih ada 80 % lagi para remaja yang masih mengikuti tradisi dan budaya timur kita. Para muda dalam kelompok ini masih memegang teguh bahwa agama masih menjadi kendali mereka

Ada apa dengan remaja kita? Sudahkah dalam kondisi yang mengkhawatirkan? Pertanyaan yang masih terus menggantung di setiap hati para muda Indonesia.

 

SOBAT, banyak yang dapat kita lakukan  untuk semua itu. Setidaknya sebagai peran serta kita di hari AIDS ini, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama.

   

Nah SOBAT, sebagai kawula muda yang masih  punya ambisi  dan selangit cita-cita, kita harus dapat menjauhi semua aktivitas yang berkaitan dengan kenakalan remaja, berpacaran yang tidak sehat, dan sejenisnya. Jika semua itu Sobat lakukan bukan tidak mungkin penyakit AIDS yang menakutkan itu mungkin terjadi. 

Gimana enggak? Kita mesti pandai-pandai memilih dan memilah teman bergaul. Jika kita mempunyai teman perokok, bukan mustahil kamu pun akan menjadi perokok juga. Padahal, rokok itu adalah pintu ke arah narkoba. Dan narkoba itu pintu  yang bagus untuk sang virus HIV.

 

Gitu juga jika kamu berpacaran. Berpacaran yang berlebihan dan kurang pada tempatnya sangat berbahaya. Itu yang perlu diwaspadai. Jadi jangan terpancing dengan kata teman-temanmu yang suka ngatain kamu kuno lah, itu lah, yang pacaran kayak anak kecil lah. Jangan pedulikan itu semuanya. Karena itu semua omong kosong.

Sobat DJ yang cewek mesti ekstra hati-hati (dengan cowok kelompok buaya darat) yang hanya mau enaknya sendiri. (Maaf ya, cowok!)  Jadi, JANGAN sekali-kali melakukan sex sebelum menikah. Jangan ya…..

Sebagai para muda, siswa SMA Dipo 1,  kita mesti bisa melakukan sesuatu. Tentu saja disesuai kan dengan kapasitas dan usia  kita dong ya…. Kita dapat memulainya dari diri sendiri dulu. Seandainya kita mempunyai masalah, biasanya kita  curhatnya sama teman  yang kita anggep deket dengan kita. Kalau temen kita itu termasuk yang kategori baik-baik sih, nggak pa-pa. Masalahnya kalau temen kita itu yang nggak jelas juntrungnya, ini yang bahaya. Dia bisa ngajakin kita ke hal-hal yang negatif. 

Akan lebih baik jika kita curhatnya sama ortu( orang tua ), ayah atau ibumu. Atau sama guru yang kamu anggap bisa dijadikan tempat curhat. Dijamin beliau-beliau pasti mau dan setia ngedengerin keluh kesahmu. Dan dijamin semua advisnya bakalan jitu and kerahasiaannya dapat dipertanggungjawabkan. Jangan malu untuk ngeluarin uneg-unegmu pada mereka. Karena ortu dan guru kamu itu sebenarnya adalah sahabat sejatimu.

 

Makanya, para guru yang  berjiwa muda, bersahabat,dan mau mengerti tentang pribadi dan kejiwaan muridnya itulah yang dicari. Gitu juga orang tua. Orang tua yang bisa memahami anak-anaknya, demokratis, serta bersahabat  akan menjadi ortu yang ideal dan didambakan putra-putrinya.  

 

Selain memilih tempat curhat yang sesuai dan tepat, SOBAT DJ bisa juga menginformasikan AIDS dengan sesama teman melalui mading. Artikel  kecil tentang kesehatan reproduksi cewek  dapat dijadikan tema yang menarik. Atau  kamu dapat membentuk kelompok diskusi kecil yang beranggotakan teman-teman kamu yang peduli juga dengan AIDS. Bisa juga kamu mengundang pakar di bidangnya  untuk datang ke sekolahmu  untuk membahasa AIDS. Asyik kan, kita jadi banyak ilmu dan banyak tahu.

 

Hal yang tak kalah penting buat kita, para muda, kita harus dapat  menjauhi perilaku yang berisiko tinggi terhadap AIDS. Contohnya  adalah melakukan seks sebelum menikah,  menjadi perokok, hingga ke pecandu narkoba.

 

Jadi mumpung sekarang masih dalam rangka hari AIDS, mari SOBAT kita lakukan yang terbaik  sebagai bentuk kepedulian kita terhadap AIDS. Ingat! Kepedulian kita jangan hanya hari ini saja, tetapi juga sampai nanti, selamanya.

 

3 thoughts on “REMAJA DAN AIDS (ANIK ARTIKEL)

  1. Wah!!! KEREN!!!

    Pokoknya semangat terus lah bu Anik, nulisnya,,, saya juga mau nulis banyak nih, cuma waktunya emang dikit. Hehehe, maklum, orang sibuk,,, HAHAHAHAH….

    S-E-M-A-N-G-A-T

    Tulisan dan code oleh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s