KURANGI PEMAKAIAN TISSUE (ARTIKEL ANIK ORGIN) Jumat, 13 Juni 2008

Dalam sehari-hari banyak kita menjumpai orang menggunakan tissue secara berlebihan. Barang yang satu ini begitu akrab dengan kita. Kita dengan mudah menemukannya di sekitar kita. Tengok aja Sobat, di tas kita pasti tersedia tissue. Kalau nggak tissue kering ya basah. Sepertinya kita nggak dapat dipisahkan dengan barang yang satu itu.  Di rumah, mulai di meja makan  sampai meja rias kita pun pasti ada benda yang satu itu.

 

Perhatikan juga Sobat, ketika kita jalan-jalan di mall dan pergi ke toilet sang tissue itu pasti sudah ada di situ. Jangankan di mall, di pedagang kaki lima yang menjual makanan pun pasti ada. Emang sih…tissue itu kelihatan bersih jika dipandang. Tampilannya pun beragam, apalagi ditunjang dengan tempat tissuenya yang bernilai artistik

 

Budaya kita seakan sudah tergeser dengan budaya luar yang selalu menggunakan tissue. Jika dulu kita selalu menggunakan SAPOE TANGAN untuk mengelap muka atau wajah, sekarang sudah tergantikan dengan sang tissue. Bahkan kalau kita habis BAB (buang air besar) kita nggak lagi cebok (MAAF) dengan menggunakan air tetapi diganti dengan tissue.

 

Padahal Sobat DJ, menggunakan tissue itu sama dengan menambah efek dari pemanasan global. Apa hubungannya ya…? Karena bahan dasar tissue itu berasal dari kayu. Dan Sobat tahu juga jika kita menggunakan tissue secara berlebihan, itu sama artinya dengan kita menyuruh menebang pohon secara berlebihan pula. Nah….dampak dari semua itu adalah hutan jadi gundul sehingga udara menjadi cepat panas.

 

Untuk itu Sobat DJ, kita harus mulai bijak menyikapi hal ini. Maksudnya kita harus mengurangi penggunaan tissue itu. Trus gimana caranya? Gampang. Ya itu tadi, habis mencuci tangan kita bisa mengelapnya dengan menggunakan lap kain. Jika wajah kita berkeringat, kita bisa mengelapnya dengan sapu tangan, bukan tissue. Gitu juga jika Sobat sedang BAB, bersihkan dengan air  bukan juga tissue. Simpel kan???

 

Jadi untuk membantu mengurangi pemanasan global, kita nggak usah jauh-jauh atau melakukan hal-hal yang besar. Kita bisa melakukan hal kecil yang dimulai dari diri sendiri. Bayangkan jika semua orang dapat melakukan hal yang sama.

 

Untuk itu Sobat, menyelamatkan bumi dapat dimulai dari diri sendiri. Dan dari yang paling deket dengan kita. 
 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s