PENTING ATAU NYEBELIN UPACARA SEKOLAH ITU?

Pertanyaan yang sering muncul di hati para Sobat. Bahkan cenderung menyebalkan. Boro-boro ngelakuin, ngedengerinnya aja males. Wah…sebegitunya ya…

 

Emang sih, nggak banyak antara Sobat yang suka dengan upacara. Yang ada malahan ngedumel terus Coba aja kalau hari Senin pagi pas jam upacara. Para Sobat nggak buruan ke lapangan kan? Nunggu disuruh dan diperintah sama guru dulu. Padahal kan upacara itu hanya dilakukan seminggu sekali. Apalagi kita yang ada di SMA Dipo 1, upacara cuman dilakukan sebulan dua kali.Bahkan yang kelas XI malah sebulan sekali.  Nggak terasa berat kok.

 

Sesungguhnya banyak manfaat  yang dapat diambil ketika kita mengikuti upacara. Apa aja?

a.     untuk latihan disiplin

Dengan ngikut upacara Sobat bisa berlatih diri untuk disiplin. Mulai dari cara pakai baju, dasi, sepatu, serta atribut yang lainnya. Nggak mungkin kan, kita ngikut upacara terus lecek bin kucel banget. Malu…tuh…

 

b.     untuk latihan fisik

Jangan dulu berpikiran upacara itu berpanas-panas ria.Justru dengan berpanasan di pagi hari dari jam 7 sampai jam 9 itu bagus untuk kesehatan. Berbeda dengan sinar matahari siang yang bisa membakar kulit. Lagian siang-siang nggak bakalan deh ada upacara. Tega banget ya…

      

c.     menghargai orang lain

Maksudnya menghargai orang adalah menghargai orang berbicara. Biasanya kalau upacara pasti  kan ada pidato dari Pembina upacara, biasanya Kepala Sekolah yang berpidato. Nah, dengan mengikuti upacara bendera kita jadi terlatih untuk menghargai orang lain yang berbicara.Kalau kita ingin dihargai orang lain, maka hargailah orang lain itu dulu.

 

d.     menjadi pendengar yang baik

sama dengan menghargai orang lain, ketika upacara kita berlatih menjadi pendengar yang baik. Sulit lho..menjadi pendengar itu.Coba Sobat introspeksi diri, setiap upacara pasti Sobat nggak tahan untuk selalu ngobrol. Dan anehnya tuh, ada…aja yang jadi bahan obrolan. Sekali-kali jangan ngobrol dong…Kita latihan menjadi pendengar yang baik.

 

       e. biar tahu berita dan kegiatan sekolah terkini

          Tahu nggak Sobat, sebenarnya dengan diadakannya upacara di sekolah kita pasti nggak bakalan ketinggalan yang namanya informasi seputar sekolah. Bayangin kalau nggak pernah upacara sama sekali, wah bener-bener kita kuper deh ya. Pokoknya informasi apa pun bisa kita ketahui di saat upacara bendera. Apalagi sekarang buat Sobat kelas XII yang mau ikut UN. Beragam informasi sangat membantu banget tuh… Ya..minimal buat ngebangkitin semangat Sobat semua kan perlu juga.

 

Untuk semua itu makanya Sobat dari sekarang jangan males-males lagi kalau ngikuti upacara bendera. Bukan kenapa, manfaatnya itu lho, yang bagus banget. Jangan lagi mikir buruk dan ogahnya. Karena gimana pun semua itu diterapin buat kita agar kita berlatih disiplin. Soalnya namanya sekolah itu kan bukan hanya belajar dan menerima pelajaran aja, ada yang lebih dari itu, yaitu melatih kepribadian kita agar terbentuk menjadi individu yang bertanggung jawab. Jangan bosen upacara ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s