KULIAH DI MANA? BINGUNG MILIH JURUSAN ATAU FAKULTAS? (by Anik Damogalad)

Udah kelas XII nih…..mo ujian belum siap-siap…Mesti mikirin mo kuliah di mana, ambil jurusan apa, fakultasnya apa…wuih…ribet deh ya…

Sobat DJ yang kelas XII,

 

Jika ditanya nanti mau nglanjutin di mana kalo habis SMA. Wah…susah deh ngejawabnya. Bingung and gimana…….gitu. Nggak jarang pula ortu kita ikut campur tangan  untuk urusan pilih-memilih ini. Wah…kacau deh…. Padahal yang namanya sekolah itu kan nggak main-main toh..

 

Contoh saja si Andi, bingung bukan kepalang mau ke mana. Ditanya ibunya di rumah, jawabnya “Tahu nih Mah…..belum mikirin”. Ditanya ayahnya juga sama aja, jawabannya idem. Apalagi ditanya temen-temennya….sama deh bingungnya. Jawabannya nggak jelas.

 

Nah, Sobat DJ, buang rasa bingung kamu jauh-jauh ya. So, ada banyak hal yang bisa kamu jadiin bekal untuk memilih dengan tepat jurusan atau fakultas apa yang bakal kamu taksir nanti.

 

Sesuaikan dengan bakat kamu. Semua diri kita pasti ada bakat yang bisa dieksplorasi. Masalahnya gimana Sobat bisa mengenali bakat apa yang terpendam dalam diri kita. Nah…..bakat itu bisa kita lihat dari segala sesuatu (kegiatan) yang sering Sobat lakuin. Biasanya sih, berkaitan dengan hobby. Kalau Sobat seneng banget dengan yang namanya komputer, menguasai, and ngerti banget kalo diajari, nah…itu artinya kamu punya bakat di bidang itu.

But, buat kamu yang merasa nggak punya bakat, jangan kecil hati. Karena sesungguhnya bakat itu cuman ada 1% kok….Trus, …..yang penting kerja keras and berusaha untuk tetap harus bisa.

 

Jangan coba-coba. Wong kuliah kok coba-coba (kayak iklan aja ya……). Sekali kamu masuk jurusan atau fakultas yang dipilih, jangan sampe Sobat keluar dengan alasan gak betah. Rugi dong ya…..waktu, tenaga, lebih-lebih biaya yang harus dikeluarin oleh ortu jadi mubazir….Kasihan kan, beliau.

 

Jangan ikut-ikutan teman. Temen deket kamu milih fakultas ekonomi, eh….lo nya ikut-ikutan ekonomi juga,. Padahal jujur aja, hati kecil kamu menolak mentah-mentah. Gara-gara kamu takut kehilangan temen deket kamu, kamu harus  ngikuti ke mana mereka pergi. Idih…….Sendiri dong…kalo berani.

Jangan pernah mencampur aduk urusan pilihan fakultas dengan pertemanan.  Kalo kamu gak suka dengan jurusan ekonomi ngapain kamu mesti maksain diri Sobat. Jangan kuatir, temenan or persohiban kalian gak bakalan sirna kok, hanya karena kalian harus beda fakultas atau beda pilihan. Beda perguruan tinggi juga gak masalah.

 

 

Panduan psikotes. Masih inget kan soal hasil psikotes kemarin yang barusan Sobat terima. Nah, tuh bisa banget buat panduan kamu untuk milih fakultas. Soalnya, biasanya nih….hasil psikotes  di kamu itu nggak jauh beda dengan keadaan kamu yang sebenarnya. Percaya deh…. Di situ kan ada pilihan yang sesuai dengan kondisi kamu kan…Singkatnya, psikotes itu juga gambaran dari diri dan pribadi kamu yang sebenar-benarnya.

 

 

 

Sesuaikan dengan doku. Pilihan jurusan atau fakultas juga mesti kamu pertimbangkan dengan kondisi keuangan ortu. Masalahnya, uang masuk atau uang bayaran masing-masing perguruan tinggi itu gak sama. Bahkan satu perguruan tinggi tapi beda jurusan aja gak sama. Nah….pikir baik-baik ya….contohnya nih….Fakultas Kedokteran ya jelas beda lah dengan jurusan hukum, atau yang lainnya. But, gak perlu kuatir Sobat,….soal dana kuliah itu benernya bias diatur kok…..maksudnya kalo kita pinter, kenapa tidak…so pasti deh, kita bisa dapetin beasiswa dengan mudah

About these ads

2 pemikiran pada “KULIAH DI MANA? BINGUNG MILIH JURUSAN ATAU FAKULTAS? (by Anik Damogalad)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s